Kamis, 10/Januari /2013 - 03:59 WIB
Redaksi BnR | Media BnR | Dibaca 2,474 kali

Sistem Penilaian Lomba BnR Award 2013

ads produkbnr

Tinggal beberapa hari lagi gelaran terakbar BnR yang bertajuk BnR Award akan dilaksanankan. Gelaran yang memang menjadi agenda BnR setiap tahun. Untuk sistem penilaian BnR terhadap burung yang akan dilombakan. Pertama yang wajib Kicaumania dan peserta gelaran BnR Award pahami adalah pakem penjurian BnR.

.

PAKEM PENJURIAN BnR ADALAH IRAMA LAGU, VOLUME DAN DURASI KERJA

Bilamana ketiga unsur irama lagu, volume dan durasi kerja  salah satu tidak dipenuhi oleh burung. Kecil sekali harapan burung tersebut akan mendapatkan bendera nominasi, apalagi mendapatkan bendera favorit. Melihat burung dilihat dari awal dia bekerja kemudian tengah dan akhir burung bekerja. jadi jangan bicara saat diawal burung bekerja ditengah tidak maksimal kemudian diakhir bekerja beranggapan burung tersebut bekerja dan layak. Karena setiap burung yang bekerja atau tidak diawal, ditengah dan akhir ada dalam catatan korlap yang sedang bertugas.

KHUSUS PENILAIAN PADA KLAS BEST OF THE BEST (BOB)

Burung murai batu & Kacer

Seperti kita ketahui bersama jenis burung murai batu adalah burung tempur dihabitatnya. Pada saat digantangkan yang diniali oleh Juri BnR dengan menggunakan pakem BnR. IRAMA LAGU, VOLUME dan DURASI KERJA.

Irama Lagu  yang dinilai adanya lagu kecil dan adanya tonjolan  pada burung murai batu tersebut. jadi kalau murai batu hanya mengandalkan tonjolan saja jangan berharap untuk mendapatkan nominasi. Karena cara burung murai batu memainkan lagunya dan caranya mengganti lagunya ini jadi penilaian bagi juri BnR. Sama halnya untuk burung kacer pada kelas BOB ini, kacer tidak boleh menggunakan jebakan apapun dilantai kandang. Kalau kacer turun kelantai dasar pada saat digantangkan. tapi tidak terlalu lama dan tidak terlalu sering burung tetap layak menjadi juara.

Perlu menjadi perhatian, tetap pakem irama lagu,volume dan durasi kerja patokan juri BnR. Burung duduk yang tidak punya irama lagu akan kalah dengan burung agresif tapi mempunyai irama lagu, volume dan durasi kerja.

Kok burung saya kalah padahal  burung saya duduk?. Di BnR bukan burung duduk yang dilombakan dan mencari burung yang duduk, tapi  di BnR yang dicari burung yang dahsyat. Gaya burung kacer adalah sebagai poin tambahan untuk burung kacer tersebut. Jadi jangan dibalik, nanti burung gaya harus menang dengan burung yang mempunyai irama lagu dan volume serta durasi kerjanya. kemudian kacer yang ngebalon tapi bendera kecil belum full masih layak menjadi juara.

ANIS MERAH DAN ANIS KEMBANG

Intinya sama pada pakem BnR yaitu irama lagu, volume dan durasi kerja burung. Namun ada sedikit perbedaan perbedaan pada anis merah dan anis kembang. Burung loncat pada saat bendera belum terisi full masih layak mendapatkan juara. Tapi pada saat bendera penuh atau sudah dinominasi burung loncat, burung tetap mendapat nominasi tapi tidak berhak untuk mendapatkan bendera favorit. Bagi anismania, perlu diperhatikan burung anis saat bekerja danga atau diam semua ada dalam catatan korlap yang sedang bertugas. Jadi para peserta jangan hanya melihat burungnya saat pules, namun lihat juga saat burung danga atau diam.

BURUNG LOVEBIRD

Penilaian pada burung love bird sama dengan burung yang lain. Namun disini perlu dipahami oleh love bird mania, poin untuk menetukan lovebird mendapatkan nominasi adalah, dihitung tarikan panjang dari lovebird tersebut serta irama lagunya. Bukan gacor suara crecet pendek berharap untuk mendapatkan nominasi. Kemudian setelah nominasi burung nembak kicaumania beranggapan itu yang layak juara. Nanti dulu, catatan sebelum nominasi banyak mana yang mengeluarkan tembakan.

contoh: gantangan 23 sebelum nominasi di catatan dia nembak 12 kali. kemudian gantangan 14 sebelum nominasi dia nembak 7 kali. Saat nomiasi gantangan 14 nembak 2 kali dan gantangan 23 1 kali. Bukan gantangan 14 yang harus menjadi juara tapi gantangan 23 yang layak. Poin gantangan 23 dari sebelum nominasi dan setelah nominasi berjumlah 13 kali nembak sedangkan nomer gantangan 14 total 9 kali.

Itulah penilaian BnR harus dipahami terlebih dahulu. Agar terasa nyaman dalam berlomba di BnR. Karena kalau kita sudah paham kita sudah dapat menilai sendiri burung kita layak atau tidak.

(pp/gs)



Kumpulan Berita :

,

Apa Komentar Anda ?

Lomba yang sekarang berjalan selalu dibatasi dengan gantangan dan berapa peserta. Dampaknya jadi terkesan lomba
download
Jatim Raya Team rgb
Tabloid BNR