Rahasian Perawatan Love Bird Ruby Tampil Stabil di Kota Jambi

| Dibaca 1,295,326 kali
Love Bird Community Single Fighter Siap Menambah Pasukan dan Amunisi
Love Bird Community Single Fighter Siap Menambah Pasukan dan Amunisi

MediaBnR.Com - Tampil dengan bendera Love Bird Community Single Fighter, Ferry bersama Iwan, Andi, Arif dan Wiwid mencoba meramaikan persaingan kelas love bird di kota Jambi dan sekitarnya. Ya, baru 4 bulan terakhir ini Ferry bersama rekan muncul ke permukaan seiring dengan raihan prestasi love bird yang menjadi kebanggaan team.

Mereka bukanlah termasuk dalam himpunan breeder, tetapi murni sebagai love bird mania yang selalu mencari burung-burung prosfek jawara. Ferry yang mempunyai beberapa gaco, seperti Intan, Ruby, Rosa, Blue, Bella dan Berbie sudah beberapa kali menjuarai even lokal di kota Jambi.

Love bird Ruby yang sering diturunkan Ferry sudah sering raih double winner, bahkan di latpres Antok Tralis Jambi (21/7) cetak hattrik. Begitu juga love bird Intan yang tidak lepas dari 5 besar tangga jawara. Selain ngekek yang panjang, love bird orbitan Ferry mampu tampil berulang kali dalam satu hari. Seperti di hari Minggu, Ferry bisa menggedor Ruby untuk tampil 5 kali di 3 EO yang berbeda.

Ferry - Seting Sendiri Para Jagoannya
Ferry – Seting Sendiri Para Jagoannya
Ferry - Love Bird Ruby Cetak Hatrik di Latpres Antok Tralis Jambi
Ferry – Love Bird Ruby Cetak Hatrik di Latpres Antok Tralis Jambi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kali ini Ferry bersedia berbagi ilmu kepada MediaBnR.Com mengenai perawatan harian love bird dan perawatan lomba. Untuk perawatan harian cendrung sama seperti burung ocehan lainnya. Setiap pagi pukul 06.00, burung dibuka dari kerodongnya dan diangin-anginkan terlebih dahulu. Setelah itu kandang dibersihkan serta mengganti air minum dengan yang baru. Milet sisa kemarin harus dibuang dan diganti dengan yang baru.

Setelah bersih–bersih selesai, tahap selanjutnya yaitu memandikan burung dengan cara disemprot secara berlahan hingga seluruh tubuhnya terlihat basah. Jadwal memandikan burung adalah pagi dan sore. Hal yang sedikit berbeda adalah waktu dan lamanya penjemuran. Hari Jumat, Sabtu dan Minggu, penjemuran dilakukan selama 30 menit. Hari lainnya penjemuran selama 15 menit setelah mandi.

Untuk asupan makanan lovebird diberi pakan millet putih dan millet merah dengan penambahan sedikit vitamin serta campuran sedikit garam ke dalam air minum. Untuk mengurangi birahi, kayu sengon menjadi salah satu pilihan Ferry.

Untuk perawatan lomba, tidak berbeda dengan rawatan harian. Hanya saja sebelum lomba, Ferry tidak lupa memandikan love bird kesayangannya. Memperhatikan gerak-gerik gacoan apakah siap berlaga atau tidak, juga hal yang sangat penting. “Jangan menyerah kondangan. Bukan hanya gacoan yang harus punya mental juara, tetapi pemilik juga,” pungkas Ferry yang menjalani hobbinya dengan positif. [Rion Jambi]