Tips Menangani Love Bird Birahi

| Dibaca 230,346 kali

ade sulistio kklb bandung ok 2


Mengenal Penyebab dan Solusinya

lovebird dirwww
MediaBnR - Hal yang cukup sering mengganggu gacoan-gacoan kita adalah birahi. Birahi merupakan faktor alami bagi mahluk hidup tak terkecuali lovebird. Birahi yang berlebih sebenarnya dapat diamati sehingga kita dapat mendapatkan solusi tepat sehingga gajoan-gajoan kita dapat kembali tampil dengan maksimal.

Berikut ini akan dijabarkan hal-hal yang dapat menyebabkan birahi lovebird naik dan bagaimana solusinya.

Hal pertama yang dapat menyebabkan birahi pada lovebird meningkat adalah “Pola Rawatan” yang salah. Proses penjemuran yang berlebih mampu membuat birahi lovebird menjadi naik. Bagi beberapa burung mungkin dibutuhkan penjemuran yang lama. Namun bagi beberapa burung kadang hanya dibutuhkan jemur secukupnya atau asal kering saja seduah dimandikan. Untuk lovebird yang birahi, sebaiknya proses penjemuran dikurangi.

Kedua adalah “Pola Makanan” yang salah. Beberapa makanan ternyata bisa menyebabkan tingkat birahi lovebird naik. Seperti kenari seed, kuaci (biji bunga matahari) dan fumayin. Bagi lovebird yang birahi alangkah baiknya bila makanan yang diberikan hanya millet putih polos. Hal ini tentukan akan mempercepat proses penurunan birahi.

Ketiga adalah “Pemberian Extra Fooding” yang salah. Extra Fooding (EF) yang kebanyakan diberikan untuk lovebird adalah kangkung atau jagung. Beberapa orang ada pula yang memberikan kacang panjang atau kecambah. Namun pemilihan extra fooding yabg salah ternyata justru menyebabkan birahi lovebird berlebih. Bahkan ternyata banyak pula lovebird yang kerjanya lebih baik saat dikonteskan ketika tidak menggunakan EF apapun. Dalam kondisi birahi berlebih tidak disarankan untuk memberikan EF yang diuraikan diatas.

Keempat adalah “Rasa Jenuh” sama hal nya manusia. Lovebird pun ada kalanya dalam kondisi yang jenuh. Hal tersebut ternyata mengakibatkan tingkat birahi lovebird naik. Tak jarang lovebird yang sedang birahi sering merusak tangkringan dan merusak ring kayu yang ada di sangkar. Solusinya dapat dengan memberikan kayu albasiah/kayu yang biasa dipakai untuk kayu bakar. Kayu tersebut daoat diletakan di dalam sangkar dengan cara di jepit diantara jeruji sangkar sehingga loebird mampu menyalurkan kejenuhannya dengan mengerogoti kayu yang sudah kita sediakan. Kita dapat memeberi ulabg kembali kayu tersebut ketika kayu pertama sudah habis dan lovebird masih terlihat birahi.

Kelima adalah “Faktor Siklus”. Dorongan berkembangbiak pada hewan merupakan faktor alami. Begitu pula untuk lovebird. Dan hal tersebut membuat birahi lovebird meningkat. Solusi yang paling umum adalah dikawinkan. Namun penting untuk diingat, tidak semua burung yang sudah dikawinkan mampu kembali ke performa awal. Untuk menghindari hal tersebut kita dapat mensiasati dengan membuat lovebird kita bertelur tanpa harus dikawinkan. Caranya lovebird diberi EF sayur-sayuran dalam jumlah banyak seperti kangkung, jagung, kecambah. Dan sehari” lebih banyak di kerodong. Ini biasa disebut nelor parab/nelor pakan. Setelah selesai bertelur kita dapat mengembalikan ke rawatan awal. 2-3 minggu kemudian lovebird kembali siap dibawa ke arena kontes.

Jadi 5 hal yang dapat menyebabkan birahi pada lovebird adalah, pola rawatan yang salah, pola makanan yang salah, pemberian EF yang tidak tepat, rasa jenuh dan faktor siklus. Demikan Tips Menangani Love Bird Birahi. Semoga Bermanfaat. (A-KKLB)

 

Kumpulan Berita :