400 BF Boyolali: 11 Tahun Konsisten Hasilkan Produk Kenari Trah Juara

| Dibaca 13,069 kali
Susilo Boyolali Bersama Sugeng John Sebagai Kier Master
Susilo Boyolali Bersama Sugeng John Sebagai Kier Master

MediaBnR.Com - Berawal tahun 2005 dan berangkat dari hobi, Susilo Boyolali dengan semangat Spirit Never Die mendirikan 400 BF Boyolali di Slembi RT 03/RW 01 Jurug, Mojosongo, Boyolali (di belakang Asrama Tentara 408 Boyolali). Dipandu Sugeng John dan Andri PH sebagai kiermaster, Susilo Boyolali berburu gaco-gaco prestasi untuk menjadi calon indukan di kandang breedingnya. “Untuk indukan, kita cari materi bagus. Minimal sudah pernah juara di lapangan,” ungkap Susilo Boyolali.

Tahun 2010 adalah awal munculnya burung juara dari markas 400 BF Boyolali. Namanya Butterfly yang sempat merajai arena lomba. Kemudian muncul lagi langganan juara bernama Panda (2012), Jet Li (2013), Biksu, Gendis (Super Boy) dan beberapa jagoan ada di luar pulau yaitu Raja Gedex, Fantastic, dKing milik Budi Batam, Dominic dan Pokemon dipegang Gatot Palu dan beberapa lainnya.

Koleksi Piala Hasil Prestasi Produk Sendiri
Koleksi Piala Hasil Prestasi Produk Sendiri

Melihat jejak prestasi yang ditorehkan produk dari 400 BF Boyolali, maka tak mengherankan bila nama Susilo Boyolali kini dikenal luas sebagai pencetak kenari trah juara. “Semua orang, khususnya para kicaumania yang sudah mengenal seluk beluk perburungan bisa menjadi breeder. Kuncinya hanya ketepatan saat pemilihan indukan. Kita harus memastikan materi yang akan kita jadikan bakal indukan bagus dan kalau bisa trah juara.”

Susilo Boyolali Saat Penjemuran Produk Breeding 400 Bird Farm
Susilo Boyolali Saat Penjemuran Produk Breeding 400 Bird Farm

Selain materi indukan bagus, perawatan juga penting. Pemberian makanan yang baik, asupan gizi dan nutrisi harus seimbang. “Untuk pakan saya pilih Superstar yang kebetulan saya bikin sendiri yang diciptakan lewat pengalaman 11 tahun breeding. Beberapa teman sudah ikut mencoba dan cocok, baik untuk burung di kandang maupun di lapang,” paparnya.

Bagi rekan-rekan yang ingin memiliki produk dari 400 BF Boyolali atau sekadar konsultasi perihal seluk-beluk breeding kenari bisa menghubungi Susilo Boyolali di HP 081225813888 atau BBM: 5F3FDB3C. [Jtyk.Team]

Kumpulan Berita :