Cara Cepat Mengatasi Murai Bermasalah

| Dibaca 2,050,214 kali
Murai batu mediabnr
Burung Murai Batu

MediaBnR.COM - Burung murai batu maskot BnR Indonesia ini memang sedang di puncak dan paling teratas. Burung lain untuk sekarang ini memang jauh di bawah burung murai batu kedudukannya. Tapi masih banyak para pecinta murai batu yang belum paham di saat burung tersebut ada kendala. Kendala yang sering muncul pada murai batu antara lain:

  • Ngebatman
  • Digantang setengah jalan
  • Takut orang

Masalah ini selalu muncul dan dirasakan oleh para pecinta murai batu dan bukan hanya satu dua kicaumania saja.

Ngebatman

Sekarang menajdi pertanyaan mengapa dan apa sebabnya burung murai batu yang berjiwa tempur. Bisa ngebatman atau ngelowo saat kita dekati atau saat kita gantangkan? Kadang para pecinta burung murai batu kurang menyadari bahawa burung tempur tidak boleh kita manjakan. Contoh kita menyuapi burung tersebut adalah salah satu faktor mengapa burung tresebut menjadi negabtman. Kedua dengan memberikan fooding yang amat sangat over dosis ini juga penyebab burung tersebut menjadi ngebatman. Cara cepat untuk mengatasinya sangat mudah sekali:

  1. Asingkan burung tersebut sendirian
  2. Fooding turunkan satu atau dua ekor jangkrik pagi sama sore
  3. Jangan diberi kroto sama sekali selama 2 minggu
Umbaran burung
Umbaran Burung Murai Batu

Setengah Jalan

Kadang kita agak kesal dengan burung kesayangan kita di saat digantangankan awalnya hebat. Kemudian setengah jalan burung tersebut berhenti dan jiwa tempurnya menghilang. Penyebab burung bisa seperti itu adalah

  • Terlalu banyak burung murai batu di rumah
  • Sering diadu di rumah atau dicoba di rumah

Cara mudah mengatasi burung tersebut agar mau kembali bekerja dari awal sampai akhir antara lain:

  1. Jangan diadu atau diketemukan murai lain kesehariannya
  2. Burung diumbar dari pagi sampai sore setiap hari 3 minggu pertama. Setelah itu burung kalau mau digantangkan diumbar cukup sampai hari Jumat saja
Bang Boy
Bang Boy

Takut Orang

Banyak murai batu milik kicaumania yang sangat takut dengan orang dan selalu gerabakan saat krodong dibuka. Penyebabnya murai ini selalu dirawat menyendiri dan tanpa melihat keadaan di seklilingnya. Jadi untuk mengatasi murai batu yang takut seperti itu sebaiknya setiap hari. Burung murai batu tersebut digantang di teras rumah yang selalu dilewati orang dan dibuka dari pagi sampai sore.

Para kicaumania apa yang disampaikan di atas hasil redaksi mewawancarai orang nomor satu di BnR. Seperti kita ketahui bersama beliau adalah pecinta murai batu dan bertangan dingin. Semoga hasil wawancara redaksi ada manfaatnya bagi pecinta murai batu seluruh Indonesia. (red)