Permasalahan Cendet dan Problem-Problem di Lapangan

| Dibaca 1,737,069 kali
Sutrisno Kesit dengan Sejumlah Tropi
Sutrisno Kesit dengan Sejumlah Tropi

MediaBnR.COM - Hampir tiap hari Sutrisno Kesit berinteraksi dengan burung pentet. Tidak hanya sebatas melihat, namun cendet mania Solo ini mempelajari kinerja burung cendet dan permasalahanya di lapangan. Berikut ini beberapa permasalahan cendet dan cara penanganya:

  1. Bayi atau buka sayap: Burung tersebut kondisi kurang vit, emosinya kurang bagus dan birahinya kurang bagus. Cara penanganya yaitu perawatan ditingkatkan jemur dan exstra fooding harus naik.
  2. Cendet salto: Burung salto identik dengan lagu-lagu kasar. Kadang burung ini aktif punya mental tempur luar biasa. Penanganya adalah tingkatkan forsi mandi dengan cara diutinkan mandinya tiap pagi dan sore.
  3. Cendet turun lantai: Burung ini kadang kebiasaan sebelumnya. Dibiasakan orang dan ngejar-ngejar orang di masa kecilnya dan minta makan ke lantai. Penanganya yaitu burung dibikin kenyang. Sekenyangnya dia mau dan diusahakan jangan terlalu lama dibuka krodongnya.
  4. Cendet nabrak atau ngeruji: Burung jelas over birahi atau over emosi. Harus diturunkan emosinya atau birahinya dengan dikondisikan di tempat yang dingin dengan diperbanyak mandi, dikurangi jemur dan exstra foodingnya.
  5. Cendet ngetem: Banyak faktor penyebabya. Kasus ini bisa si burung kurang isian lagu, bisa burung tidak vit dan bisa burung terlalu muda. Penanganya yaitu tiap hari rutin gunakan BnR Vit.
  6. Cendet ngetet di lapangan: Ngetet saat mau bunyi lagu dan cendet ngetet takut muterin ekor. Dicari tahu cendet itu takut karena apa. Mungkin burung sensi, kadang takut sangkar, helm, hp, kamera, kerodong warna merah dll.
Ilustrasi Cendet
Ilustrasi Cendet
Kumunitas Burung Cendet
Kumunitas Burung Cendet

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari keenam tidaklah luput segi kondisi burung dan adaptasi burung di lapangan. Cuma perawatlah yang tahu kebiasaan sehari-hari ataupun karakter burung cendet. (agus farrel)