“Saling” Dalam Dunia Burung

| Dibaca 20,992 kali
Suasana Pameran Burung Berkicau
Suasana Pameran Burung Berkicau

MediaBnR.COM - Banyak makna dari kata “saling” bukan hanya dalam dunia burung tapi dalam masyarakat sangat penting. Saling menghargai saling menghormati kalau kedua saling ini bisa dijalankan. Suasana yang manis akan tercipta di dalam dunia burung. Tapi kalau kata “saling” menjadi saling berbenturan saling bersenggolan hasilnya jadi kacau dunia burung. Sebenarnya kalau kita lihat sekarang ini kata “saling” ini tidak banyak digunakan di dalam dunia burung. Padahal kalau kita selalu menggunakan kata “saling” yang positif. Wadah dimana tempat kita bernaung akan tercipta suatu kedamaian. BnR bukan yang terbaik BnR bukan yang pertama dan BnR bukan yang berkuasa.

“Dalam dunia burung tidak ada istilah siapa yang memulai dan siapa yang pertama. Tapi bagaimana kita sama-sama bergerak menjaga dunia burung ini menjadi maju dan bertambah maju,” pesan orang nomor satu di BnR Bang Boy.

Bang Boy
Bang Boy

Akan nikmat sekali kalau kita saling melepaskan kepentingan dan sifat saling memusuhi dan rasa saling menyaingi. Pasti ada cara yang terpuji dengan saling berkomunikasi sesama organisasi yang ada di perburungan ini. Tapi kalau sudah ada saling ingin menjadi nomor satu akhirnya saling tidak menghargai.

“Jangan saling bersenggolan kita ini satu dan semua bisa diajak rembukan. Tapi semua dikarenakan ada yang memulai yang akhirnya saling berlomba mengadakan perlombaan. Tidak ada gunanya kalau menurut aku berbenturan apa enaknya sih? Aku sudah minta tolong para pengurus jadwal BnR untuk tahun 2017 diumumkan. Jadi jadwal ini akan bisa dibaca EO lain untuk bahan mereka untuk mengatur jadwal. Walaupun tidak menutup kemungkinan pasti ada saja yang akan bersamaan mengadakan lomba. Baik itu disengaja maupun tidak disengaja walaupun menurut kacamataku banyak yang disengaja,” kata Bang Boy.

Penonton Tertib Selama Jalannya Lomba
Suasana Kicaumania Menonton Jalannya Lomba dan Saling Menjaga Ketertiban

 

Sutrisno (kanan berkaos hitam) Saat Berada di Tenda Penjualan Griya Pakan di Walikota Cup I Mojokerto
Pedagang di Lomba Burung Berkicau

Peran serta para pengurus dalam organisasi perburungan yang akan bisa membuat suasana nyaman dalam dunia burung. Tapi kadang karena kepentingan unsur ketidaksukaan pribadi yang akhirnya semua terjadi. Mari kita sama-sama tahun 2017 nanti suasana damai dan saling bisa merubah suasana perburungan kita ini. Mari kita lupakan apa yang terjadi sama-sama introspeksi diri dan saling berangkulan. Kalau kita mempunyai pemikiran yang sehat kita ini satu walaupun berbeda baju. Untuk apa kita lakukan hal yang bahkan merusak suasana perburungan. Kita bangkit kembali tahun 2017 ini dengan kebersamaan dan selalu mengingat kata “saling”. (abk)

Kumpulan Berita :