Ring Eddo PRC: Burung Kampung Kualitas Tinggi Hasilkan Lembaran Rupiah

| Dibaca 5,323 kali
Indukan Murai Batu Ring Eddo PRC
Indukan Murai Batu Ring Eddo PRC

MediaBnR.COM - Wonogiri merupakan kabupaten yang dianugrahi oleh Allah alam yang indah, pegunungan berjajar, hutan-hutan yang masih asri dan penduduknya yang mayoritas mata pencahariannya bertani, menjadikan kabupaten ini membutuhkan sentuhan tambahan pendapatan, melalui ekonomi kerakyatan diantaranya melalui breeding burung.

MediaBnR.COM menyusuri wilayah Kabupaten Wonogiri bagian selatan, Jumat (2/12/2016). Adalah Kecamatan Pracimantoro dimana di daerah ini hamparan-hamparan sawah terbentang luas. Lahan-lahan kosongpun masih luas. Penduduknya harus dibekali ilmu supaya bisa mendapatkan uang tambahan supaya ekonomi kerakyatan dapat dibangun.

Anak Murai Batu Ring Eddo PRC
Anak Murai Batu Ring Eddo PRC

Seperti yang digeluti Eddo, seorang pemuda yang beralamatkan di Dusun Tambaksari, Desa Trukan, Kec. Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Pemuda ini nekat spekulasi dengan membeli 3 pasang indukan (jebol kandang) milik Yudi Gunung Kidul dengan harga Rp 100 juta. Bila dilihat dari jumlah nominalnya, harga di atas sangat begitu besar untuk kalangan penduduk Wonogiri.

Setelah murai batu yang bernama Samurai, Jombang dan Opan diboyong ke kediamanya Eddo, murai-murai tersebut selang 3 hari langsung bertelur. Catatan penting murai batu tersebut dari sekitar 5 bulanan kemarin sudah menjual anakan 9 ekor. Per-ekor anak murai batu itu dijual dengan harga Rp 3,5 juta. Anak-anak murai batu ring Eddo PRC tersebut rata-rata punya katurangan yang bagus.

Jangkrik Alam Menu Pokok Breeding Murai Batu
Jangkrik Alam Menu Pokok Breeding Murai Batu
Eddo Bersama Ayah dan Perawat di Depan Rumah
Eddo Bersama Ayah dan Perawat di Depan Rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Merawat Anakan Murai Batu Ring Eddo PRC
Merawat Anakan Murai Batu Ring Eddo PRC

Lembaran demi lembaran rupiah dipanen Eddo sambil belajar menjodohkan beberapa pasang murai batu. Indukan murai batu rata-rata punya ekor 19 cm dan berjenis murai batu Medan. Untuk perawatan sehari-hari, ia dibantu oleh ayah dan anak kandang (perawat pokok). “Saya mengunakan menu pokok, pakan buat indukan jangkrik alam. Tiap sebulan 4 kali pengiriman dan untuk baby murai batu diberikan kroto segar,“ kata Eddo sambil menunjukkan jangkrik alam.

Sangkar Rapi Ukuran 1,5 x 2,3 Meter
Sangkar Rapi Ukuran 1,5 x 2,3 Meter

Walau burung kampung, namun punya kualitas yang tinggi. Dari segi katurangan, volume dan lantunan suara kombinasinya terdengar enak di telinga. Bagi para penghobi yang ingin pesan ring Eddo PRC, bisa menghubungi di nomor 081222666065 atau pin BB 5C66F50A. Peminat burung murai batu semakin pesat terlebih BnR di tahun 2017 nanti mengharuskan di kelas murai batu wajib burung murai batu yang pakai ring.

Kerja keras menjadi dasar usaha breeding murai batu Ring Eddo PRC berhasil. Jejak kesuksesan pemuda ini perlu dicontoh. Marilah bersama kita menjaga alam ini dan mengembangkan usaha ekonomi kerakyatan supaya bisa mewujudkan cita-cita. (agus farrel)

Kumpulan Berita :