Warning 1 Januari Kelas Utama BnR Murai Batu Ring

| Dibaca 30,912 kali
Murai batu mediabnr
Murai Batu Ring

MediaBnR.COM - BnR Indonesia sudah memutuskan per-1 Januari kelas utama di gelaran BnR sendiri maupun kerja sama di luar BnR. Wajib kelas utama adalah Murai Batu Ring dan harus ditaati dan dipatuhi oleh semua pengurus BnR.

“Kita sudah putuskan jadi tidak ada alasan apapun lagi karena kita sudah sosialisasikan selama 5 tahun. Jadi tidak ada kata nggak tahu atau baru tahu atau pura-pura tidak tahu. Kalau yang bukan ring bisa berlomba di kelas keduanya kita akan tetap membuka sampai masa 1 tahun ini. Tapi tahun 2018 per-1 Januari semua murai batu yang digantangkan di BnR wajib burung yang menggunakan ring,” kata Pendiri BnR Indonesia Bang Boy.

Benar yang disampaikan oleh BnR Satoe sudah 5 tahun lebih disosialisaikan kalau BnR akan mewajibkan burung ring. Himbauan juga disampaikan kepada pengurus dan EO yang brosur sudah disebarkan.

“Silahkan ganti kalau kelas utamanya bukan Murai Batu Ring di kelas utamanya. Karena ini sudah disepakati oleh semua pengurus dan masih ada waktu,” kata Ketua Umum BnR Indonesia Kadafi.

M. Kadafi disaat memberikan kata sambutan
Ketua Umum BnR Indonesia M. Kadafi

Perlu menjadi catatan penyelanggara lomba dan EO BnR sendiri harus selektif dan memberikan masukan terlebih dahulu. Karena apa yang dilaksanakan BnR sekarang ini sudah jauh-jauh hari diberitahukan.

“Harus ditaati jadi sebelum disetujui kerja sama beritahukan terlebih dahulu bahwa kalau kerja sama dengan BnR. Untuk kelas utamanya BnR sekarang wajib Murai Batu Ring yang diperbolehkan!” kata H. Mansur Ketua Harian BnR Indonesia.

H. Mansur ketua harian BnR Indonesia (Foto:Imul-abak)
H. Mansur ketua harian BnR Indonesia (Foto:Imul-abak)

Sebenarnya kita sebagai kicaumania memang sudah seharusnya menggantangkan burung-burung hasil penangkaran. Bagaimana tidak siapa lagi yang akan menyelamatkan burung-burung ini kalau bukan dari kita komunitas kita sendiri. Kita tidak boleh egois dalam hal ini dan harus bersama-sama kita bahu membahu. Dalam menyelamatkan burung-burung yang ada ini dari kepunahan. Kalau dari dalam diri kita sendiri tidak mempunyai rasa ini bagaimana kalau burung punah apa yang mau digantangkan? Kesadaran bersama akan membuahkan kekompakan dan kemajuan dalam dunia burung ini. Dunia burung ini akan selalu menjadi nomor satu kalau kita bersama-sama ikut membangunnya. Salah satu cara gerakan kita bersama-sama dengan kita memelihara burung-burung hasil penangkaran. Menyelamatkan burung bukanlah suatu pekerjaan yang hina atau nista bagi seorang kicaumania. Malah merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dengan suatu kesadaran yang tinggi. Sadar seorang kicaumania berarti dengan sadar menyelamatkan burung-burung di alam ini. Mari kita songsong tahun 2017 tahun penangkaran dan tahun burung ring untuk semua gelaran BnR.

“Tiada kata dan perasaan yang sangat indah jika kita melihat setiap hari hadir menetas anakan burung. Suara perlahan dan mata yang mulai melihat dunia dan alam yang indah ini. Berkat tangan-tangan dari para penangkar yang berjuang untuk kelangsungan hidup mereka. Secara pribadi aku ucapkan banyak terima kasih bagi para penangkar yang telah berjuang menghadirkan mereka ke dunia ini,” pesan Bang Boy untuk semua penangkar seluruh Indonesia. (abk)

Kumpulan Berita :