Andri Sofyan Nikev BF Bandung : Andri Sofyan Nikev BF Bandung

| Dibaca 3,894 kali
Andri Sofyan Owner Nikev BF
Andri Sofyan Owner Nikev BF

Mediabnr - Eksis dalam mencetak warna dari tahun 2010, Andri Sofyan dengan bendera Nikev BF berhasil melahirkan varian warna, jenis dan suara. Butuh waktu bertahun-tahun untuk melewati rangkain tersebut, melalui proses penyilangan serta buah kesabarannya memberikan hasil yang maksimal. Beberapa ragam yang di breedingnya, Pale Fallow, Biola, Parblue, Euwing, Violet Fischery, Dilute, Non Klep dan Trah suara. Tentunya tidak mudah dalam mencetak jenis yang diinginkan, pemahaman persilangan serta kesabaran melahirkan karya sesuai dengan harapan. Yang terbaru dari Nikev BF anakan Biola Biru dan Violet Biola sudah tiga periode berhasil ditetaskannya.

Siapkan Materi Breeding 2017

Kandang Perjodohan Sistem Batre
Kandang Perjodohan Sistem Batre

100 kandang perjodohan sistem batere menjadi amunisi Nikev BF, diantaranya 30 pasang Biola x Biola, 6 pasang Pale Fallow, sisanya jenis Parblue, Dilute, Euwing, Violet Fischery dan Non Klep. “Untuk menghasilkan anakan Biola, tentunya mengacu pada filialnya serta prosesnya lebih rumit dari warna standar lainnya. Untuk itu menjaga gen keasliannya, menjadi prioritas dalam mencetak anakan. Seperti jantan green biola x split blue biola = blue biola. Karena biola adalah SexLink maka proses perkawinannya melalui tahapan untuk menghasilkan apa yang diharapkan. Tentunya pencatatan sangat penting dalam mencetak trah warna,” kata Andri Sofyan. “Untuk varian Pale Fallow, gen nya terbilang lemah. Mencetak anakan Pale Fallow, harus lahirkan jenis split pale fallow serta proses perkawinan akan masa birahinya, harus seimbang antara kedua indukannya,” lanjutnya.

Perawatan Anakan


Nikev BF kini tengah mempersiapkan materi breeding untuk tahun 2017. Hasil anakan biola x euwing, parblue creamio atau split biola serta split pale fallow, dipersiapkan untuk calon indukan tahun mendatang. Pengaturan suhu serta pemberian pakan yang bergizi menjadi prioritas Nikev BF.Sedangkan perawatan anakan setelah masa tetas 21 hari, dua minggu kemudian anakan diloloh tangan. Inkubator dengan suhu 32°c, setelah bisa makan sendiri baru suhunya menjadi 30°c. Perawatan ekstra untuk anakan menjadi salah satu prioritasnya.

Anakan Biola Biru
Anakan Biola Biru

Sedangkan untuk mencetak trah suara, Nikev BF mempersiapkannya dengan sangat matang. Tidak mau main-main indukan juara yang masuk glodok perkawinan, bermaterikan ngekek panjang serta bermental baja. Tentunya tes lapang sudah dilakukan bahkan lovebird juara nasional pun kini tengah masuk glodok perkawinan. Ada 10 pasang indukan trah suara, yang sudah disortir sedemikina rupa, agar menghasilkan anakan berkualitas. Terbukti beberapa anakan hasil breedingnya moncer di lapangan. Beberapa waktu lalu, Nikev BF menjuarai kelas ring di even regional BnR Jabar.

Anakan Biola
Anakan Biola

Tidak ada batasan dalam berkarya, semuanya mengalir sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Andri Sofyan berhasil mengibarkan bendera Nikev BF sebagai salah satu yang terbaik dalam mencetak anakan trah warna dan suara. Proses dalam breedingnya, telah menghasilkan sesuatu, karena dunia breeding adalah sebuah proses. Proses tersebutlah yang pantas di apresiasi dalam makna sebenarnya.(ricky)

Nikev BF komplek Pharmindo jl. Trowulan (puskopad) blok V2 No. 12 Bandung 081224749787 pin bb D26C5828/5A7AE719

Kumpulan Berita :