Fenomena Juri Tembak

| Dibaca 39,425 kali
H.Dodot Salah Satu Perumus Penjurian Burung Berkicau
H.Dodot Salah Satu Perumus Penjurian Burung Berkicau

Mediabnr - Istilah sopir tembak di dunia transportasi sudah lumrah. Di dunia perburungan juri tembak belum terlalu populer, namun sudah mulai menjamur di pelbagai daerah. Istilah juri tembak yang dimaksud ialah juri yang langsung ditunjuk tanpa melalui proses diklat yang sah dan diakui oleh organisasi lain, khususnya kicaumania. Ibarat mobil saja harus di uji dulu kelayakan dan kelengkapannya, bagaimana dengan juri tembak?.

Fenomena ini tak lepas dari menjamurnya jumlah gantangan dan munculnya organisasi – organisasi baru, tanpa diimbangi dengan jumlah juri yang kompeten dan berkualitas, sehingga muncul fenomena juri tembak. Apa dampak terhadap dunia perburungan?

Menurut H.Dodot selaku dewan juri BnR, secara kuantitas dunia perburungan akan makin semarak, namun secara kualitas makin menurun, bahkan untuk jangka panjangnya bisa membahayakan dunia perburungan,” ungkap salah satu pencetus penjurian di dunia perburungan ini.

Bang Boy pun prihatin atas kondisi dunia perburungan saat ini. “Bikin pakem penjurian itu tidak mudah, BnR saja masih berkiblat ke PBI, hanya sistemnya saja yang kami perbaharui melalui inovasi – inovasi, ibarat membangun tinggal kita teruskan saja, asal jangan dirusak,” terang pendiri BnR. (Red)