Mery’s Jaya BF Mojokerto : Utamakan Kualitas Konsumsi Lomba

| Dibaca 40,272 kali

MERY’S JAYA BF MOJOKERTO

Deret Kandang Untuk Indukan Mabung dan Siapan Serta Piyik Trotolan
Deret Kandang Untuk Indukan Mabung dan Siapan Serta Piyik Trotolan

Mediabnr - Bird Farm Murai Batu yang terletak di Dusun Bareng, Desa Talok Kecamatan Dlanggu-Mojokerto ini, eksis sejak enam tahu yang lalu. Saiful Ajis pemilik farm mengaku sedari kecil menggemari memelihara hewan. Khususnya burung Murai Batu dan diternak menghasilkan pundi-pundi rupiah tak kurang dari 35 juta setahun dan dapat menyokong dana pembangunan rumah pribadinya. Kini, memiliki lima petak kandang yang semuanya Alhamdulillah produksi.

Kejelian, ketelatenan serta memahami karakter burung wajib dimengerti oleh setiap peternak. Mengingat, menurut pria pengusaha muda yang mengelola dua toko pakaian di dua Kecamatan yang beda ini, satu sama lain karakter Murai Batu, tentu berbeda. Masukan pemahaman dari teman-teman selalu ditampung. Baik dari sesama peternak, maupun saran dari murai-mania pemain lomba. Dan yang sepaham dan logika akan ditindak lanjuti.Trotolan Dalam Deret Kandang Agar Sehat

Dari kelima kandang milik ring Mery’s Jaya 081216118321, ada dua kandang yang jadi andalan. Jebolan dari kandang ini anakan yang dihasilkan berkualitas untuk konsumsi lomba. Karena anakan yang dihasilkan laris manis dipasaran dan sering moncer dilapangan. Padahal, indukan yang satu merupakan silangan Murai Batu Nias dan Murai Batu Medan. Dan yang satunya lagi silangan Murai Batu Bordan (Borneo Medan) dan Murai Batu Medan.

Seperti peternak lainnya, ukuran, bahan material serta model untuk kandang sepintas sama. Hanya jendela kandang yang diperbesar agar sirkulasi udara, temperatur dalam  kandang tetap terjaga dengan baik. Kondisi demikian itu yang dipahami bapak muda yang juga aktif jadi pengurus yayasan pendidikan Islam ini, membuat stabil produk piyikan yang dihasilkan.

Piyikan Umur 3 hari Masih di Sarang Dalam Kandang
Piyikan Umur 3 hari Masih di Sarang Dalam Kandang

Selain itu, seperti peternak lazimnya, kroto, ulat kandang dan jangkrik sebagai menu utama untuk indukannya. Porsi kroto ditambah ketika proses jelang bertelur dan piyikan baru menetas. Guna menambah stamina agar cepat bertelur dan pemulihan setelah proses pengeraman. Penambahan cacing dan ikan gatul (ikan cere) sebagai makanan selingan saja.Hasil Silangan BordanX Medan Warna Bulu Bintik Putih di Ujung Ekornya

Piyikan diangkat atau dipanen setelah berumur 7-8 hari. Dimasukan sangkar incubator sederhana dan diloloh tiap dua jam sekali. Menu lolohan berupa adonan kroto dan por. Menjelang piyikan hendak nangkring ditambah jangkrik yang telah dibelah terlebih dahulu, agar mudah dicerna. Umur 1,5 bulan piyikan trotol dimasukkan dalam deret kandang secara terpisah. Bersama indukan yang mabung dan indukan yang disiapkan sebagai pengganti. Piyikan trotol umur sampai dengan 3-4 bulan jantan dibanderol 2 juta dan 1,5 juta untuk betina.

Jeli, Telaten dan Paham Karakter Murai Batu Kunci Sukses Mery's Jaya BF
Jeli, Telaten dan Paham Karakter Murai Batu Kunci Sukses Mery’s Jaya BF

Kedepan farm yang telah bernaung di Paguyuban Peternak Burung Mojokerto ( PPBM) akan menambah dua kandang lagi. Dengan materi silangan Murai Batu Bordan dan Murai Batu Medan lagi. Dan satunya Murai Medan Juara yang didapat dari pelomba asal Gresik dan Murai Batu Medan.

Tentang surtificate ring BnR Community yang pernah disosialisasikan Bang Boy ketika mengunjungi pameran PPBM di Lomba Walikota Cup 2 Mojokerto, semuanya diserahkan ke pengurus PPBM tetang follow up nya. Sementara ring Mery’s Jaya 081216118321 telah sedia puluhan piyikan kualitas yang siap untuk dipinang. Dapat juga Call or WA 0856-4623-1303 tentunya dengan harga yang sangat bersahabat. *Su