Indukan Super Jadi Acuan Sang Dokter Kembangkan Breeding

| Dibaca 75,049 kali
dr. Mugiman dengan gacoanya
dr. Mugiman dengan gacoanya

Mediabnr - Perkembangan dunia penangkaran semakin pesat, se-iring peradapan dunia yang semakin maju pesat. Adalah dr. Mugiman, seorang dokter umum asli Sukoharjo, mempunyai beberapa pasang murai batu, yang notabenya rata-rata punya kualitas dari indukan yang pinilih. Dari katuranganya, suara, cerdas isian masteranya, gaya penampilan saat bunyi maupun panjang ekor nya yang rata-rata diatas 20 cm.

Di kediaman nya dan juga di tempat buka prakteknya di budidayakan 7 pasang murai batu ekor putih, tepatnya di Ngrigo RT 02 / RW 09, Jatisawit, Kec. Jatiyoso , Kab. Karanganyar – Jawa Tengah. Di belakang bangunan 3 lantai tersebut di breeding, murai batu jenis ekor putih Medan pilihan. Kenapa di sebut, Medan pilihan, karena kebanyakan murai batu Medan yang juara di kontes lomba burung berkicau.

Indukan rata-rata panjang ekor diatas 20 cm
Indukan rata-rata panjang ekor diatas 20 cm
Indukan murai batu ring dr. Mugiman
Indukan murai batu ring dr. Mugiman

Pak dokter pun memberikan penjelasan tentang seputaran penangkaranya. “ Breeding murai  batu ini perbulan bisa panen sekitar 6 ekor anakkan, tergantung musim. Tingkat kesulitanya di situ, tergantung musim dan masa birahi si indukan, faktor gizi dan perubahan iklim sangat mempengaruhi panen anakan murai , “ terang dr. Mugiman, Jatiyoso, ( 20/9/2017).

Uniknya dokter Mugiman, memberikan cangkang telur yang sudah di tumbuk di campurkan pada makanan murai batu yang sudah masa kawin, supaya telurnya kuat. Untuk anakan murai batu di loloh dengan mengunakan telur angkrang yang besar yang sudah di pisahkan dari semut, dengan waktu meloloh 1 jam sekali tergantung umur murai batu.

Murai batu siap kirim dengan harga Rp 3 juta - Rp 5  juta..
Murai batu siap kirim dengan harga Rp 3 juta – Rp 5 juta..

Untuk mendapatkan anakan yang punya daya ingat yang tinggi, dan kualitas yang bagus isian komplit. Sang dokter mengunakan masteran burung asli, diantaranya burung cililin, cucak jenggot, rambatan, dan lovebird. Burung di masteri dari mulai loloh, sampai di kirim ke pembeli. Pengiriman breeding dokter Mugiman, meliputi kota Jakarta dan beberapa kota di pulau Jawa, dengan harga Rp 2 juta sampai Rp 5 juta, tergantung trah indukan. Bagi kicau mania yang ingin meminang ring dokter Mugiman bisa via telp / WA 08122640321. (agus Jatisrono)