Jurnalis Mancing Rangkul Penghobi Lain Untuk Gerakan Makan Ikan Nasional

| Dibaca 1,928 kali
Mantan Menteri perindustrian Saleh Husin. Yang saat ini menjabat sebagai Managing Direktur Sinar Mas,  berhasil membetot induk patin di pemancingan Adhiraja Depok, kemarin (2110)
Mantan Menteri perindustrian Saleh Husin. Yang saat ini menjabat sebagai Managing Direktur Sinar Mas, berhasil membetot induk patin di pemancingan Adhiraja Depok, kemarin (2110)

Mediabnr - Jurnalis Mancing Indonesia (JMI)  merupakan komunitas wartawan pecinta olahraga memancing, yang dibentuk tahun 2017. JMI kini menaungi 50 orang anggota aktif yang berasal dari media cetak, online, serta elektronik.

Pada awal dibentuknya, JMI telah mencanangkan kegiatan yang tidak hanya melibatkan anggota, tetapi juga merangkul berbagai komunitas mancing dari berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar kedepannya nama JMI dapat semakin dikenal luas di luar dunia jurnalistik.

“Diharapkan JMI dapat menjadi wadah bagi penggemar mancing bagi teman-teman seprofesi (jurnalis) dan JMI juga mencanangkan beberapa kegiatan yang merangkul baik komunitas dan masyarakat, diantaranya Gerakan Cinta Makan Ikan Nasional, Fun Fishing antar Forum Wartawan, dan Turnamen Mancing,” kata Ketua Umum Jurnalis Mancing Indonesia Folber Siallagan di Pemancingan Adhiraja Deluna, Depok, Sabtu (21/10).

Pemancingan Adhiraja Deluna, Depok dipilih komunitas JMI sebagai tempat peluncuran karena tempat ini telah lama menjadi tempat berkumpul dan bertemunya sesama penggemar mancing dari berbagai daerah di Jakarta maupun dari luar Jakarta.

Tahun ini, JMI menggelar peluncuran tahun pertama komunitas mancing yang fokus pada bidang kelestarian habitat hewan laut dan tawar. Adapun, hal itu merupakan bagian dari misi komunitas untuk lebih dekat dengan sesama penggemar mancing dan masyarakat.

MenDes Dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo bersama pembina JMI terlihat melepas puluhan ikan mas dilomba Antara forum wartawan, sabtu (2110) kemarin.
MenDes Dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo bersama pembina JMI terlihat melepas puluhan ikan mas dilomba Antara forum wartawan, sabtu (2110) kemarin.

JMI memilih tema “Gerakan Cinta Makan Ikan Nasional” pada peluncuran pertamanya yang diharapkan bisa meningkatkan kepedulian akan kesehatan dan mutu Pendidikan Bangsa. Secara langsung bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, yang dalam jangka panjang berimbas pada upaya mencerdaskan bangsa.

Dalam acara itu JMI mencoba merangkul penghobi lain. Seperti pengemar bersepeda, off-road Dan beberapa forum wartawan. Acara JMI yang didukung dari grup perusahaan Sinar Mas membuat mancing Bersama dengan komunitas tersebut di pemancingan Adhiraja, Depok.

Turut hadir dalam acara peluncuran ini, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Managing Director Sinar Mas, dan Pembina JMI Pratama D. Persadha. Mereka memberikan motivasi dan informasi kepada publik bahwa betapa baiknya makan ikan untuk kecerdasan bangsa sembari menjalani kegemaran memancing.

“Saya berharap komunitas jurnalis ini dapat membangun solideritas antar anggotanya dan merangkul komunitas memancing lainnya,” ujar Pratama.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Bapak Eko Putro Sandjojo menyampaikan sambutannya sebelum peluncuran logo JMI.

“Saya senang menghadiri acara seperti ini, sebuah komunitas memancing yang beranggotakan para muda-mudi yang memiliki jiwa semangat serta kemauan dalam mencerdaskan bangsa lewat salah satu programnya Gerakan Cinta Makan Ikan Nasional,” tutupnya.

Hadir lebih awal Managing Director Sinar Mas Saleh Husin dalam peresmian peluncuran Komunitas JMI yang menyempatkan memancing ikan patin mendapatkan ikan patin seberat 7kg, dan mengaku senang serta bangga terhadap kegiatan komunitas seperti ini.

“Saya juga hobby olahraga, khususnya sepeda, tapi saya akan mengajak teman-teman di komunitas sepeda saya untuk datang ke pemancingan ini dan memancing,” tuturnya sambil berkelakar.

Hadirnya Bapak Eko Putro Sandjojo dan Bapak Saleh Husin dalam peresmian peluncuran Komunitas JMI ini salah satunya ditandai dengan pengukuhan Bapak Eko sebagai Pelindung Komunitas JMI dan Bapak Saleh Husin sebagai Pembina JMI.

Peresmian peluncuran Komunitas JMI tidak akan berjalan lancar tanpa dukungan dari Sinar Mas  dalam event ini. (Wis)