Ingin Lomba Tertib dan Kondusif..? Inilah Tips Cara memilih Team Keamanan Untuk Lomba

| Dibaca 12,490 kali
ilustrasi keamanan lomba burung
ilustrasi keamanan lomba burung

Mediabnr – Siapa yang tidak ingin lombanya berjalan lancar dan tertib? Tentunya hampir semua panitia atau EO mempunyai harapan yang sama. Kejadian lomba beberapa minggu ini patut kita ambil hikmahnya, khususnyabertapa pentingnya memilih team keamanan untuk mengamankan jalannya lomba.

Di sebagian lomba pada umumnya, team kemanan memang selalu dipercayakan terhadap pihak TNI baik bermatra AL, AU maupun AD. Kemanan dari pihak TNI diyakini lebih efektif untuk mengamankan situasi. Selain itu, image rasa segan masih cukup kuat jika melibatkan anggota TNI untuk mengamankan suatu lomba burung berkicau.

Menurut Payjo salah satu anggota TNI yang sering dipercaya untuk mengamankan lomba burung, memberikan tipsnya. “Ada beberapa pilihan untuk merekrut team keamanan dari anggota TNI, sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai team keamanan dalam suatu lomba. Diantaranya:

  1. Wajib memilih Team keamanan yang mempunyai latar belakang hobi yang sama. Pilihan ini tentu cukup bijak, lantaran anggota TNI yang mempunyai hobi burung pastinya akan mengetahui karakter kicaumania pada umumnya dan cukup tau mengendalikan kondisi kemanan, jikalau terjadi aksi protes maupun kekacauan di lapangan. Ini juga sangat menguntungkan panitia, lantaran anggota TNI tersebut lebih familiar dan tentunya mempunyai kedekatan secara emosional.
  2. Wajib memilih anggota TNI yang sudah terbiasa bertugas di lapangan atau sudah pernah tugas di lomba burung. Anggota TNI yang biasa bertugas di lapangan sudah memahami situasi dan karakter masyarakat luas, sehingga ketika bersinggungan dengan kicaumania sudah tidak canggung dan mampu mengendalikan situasi. Apalagi yang sebelumnya sudah pernah tugas mengamankan lomba burung, pastinya akan lebih mudah memahami karakter kicaumania.
  3. Wajib memilih team kemanan yang bukan dari pasukan elit atau yang berlatar belakang pasukan komando. Memilih anggota yang berlatar belakang pasukan komando atau pasukan elit tentu mempunyai resiko yang cukup besar, biasanya anggota tersebut mempunyai tingkat emosional yang cukup tinggi dan mudah tersinggung, apalagi jika bersinggungan langsung dengan kicaumania yang mempunyai karakter semau gue, dipastikan akan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa pilihan yang patur dipertimbangkan bagi para panitia maupun EO agar lombanya bisa berjalan sesuai harapan,” tutur Payjo yang juga menekuni hobi dan sebagai peternak burung Love Bird.

Nah untuk lomba AA AA BC Cup 1 yang dihelat bersama juri BnR di Lapangan Depsos, Jalan Haji Joyo Martono, Bekasi Timur, Minggu, 4 Februari, besok, panitia sudah menyiapkan team kemanan dari unsur TNI dan tentunya sudah mempunyai latar belakang hobi. *Ikrom


BROSUR AA_AA BC CUP 1