Surabaya (MediaBnR.Com) – Terealisasi sudah gelaran perdana BKM Community bertajuk Pahlawan Cup I Surabaya, pada Minggu (16/11). Berkat dukungan kicaumania Surabaya dan sekitar, tak kurang dari 990 peserta tumpah ruah di gantangan THR, Jalan Kusuma Bangsa 116 Surabaya, Jawa Timur.

Panitia (Stefanus/MediaBnR.com)

Panitia (Stefanus/MediaBnR.com)

Bahkan even tersebut pun sukses mendatangkan beberapa media cetak, online, dan elektronik untuk mempublikasikan lomba burung berkicau dalam rangka memperingati hari pahlawan yang tepat jatuh pada 10 Nopember 2014.  “Peran media sangat penting, kami bisa besar juga karena peran media,” kata Suherman ketua pelaksana sekaligus sebagai Komisaris I BKM Community.

Sebagai pihak penyelenggara lomba baru, BKM Community terbilang mempunyai konsep yang apik dalam mengemas sebuah perlombaan burung berkicau. Bahkan, dari segi pengambilan juara sepuluh besar, panitia berani mengambil lebih apabila jumlah gantangan di atas kuota yang ditentukan. “Ada beberapa kelas yang memang harus diambil dari juara dua ke bawah. Karena jumlah peserta tidak memenuhi kuota. Aturan tersebut sudah ada ditabel hadiah kejuaraan,” kata Abah Idris selaku penanggung jawab lomba.

Kemeriahan lomba tersebut tak hanya dari segi peserta. Agar meninggalkan kesan yang manis pada kicaumania yang telah mendukung. Panitia sengaja menyediakan bermacam-macam doorprize yang datang dari simpatisan BKM Community. Mulai dari kipas angin, televisi, hingga sepeda angin disiapkan bagi peserta. Tak terkecuali sangkar produksi BKM disediakan bagi yang beruntung. “Di gelaran perdana ini, kami juga mengenalkan produksi sangkar BKM,” kata Taufik Wibisono Ketua BKM Community.

(Ki-Ka) Suherman, Tri Warsono, Andypras dan Taufiq Wibisono Motor kesuksesan Pahlawan Cup I (Stefanus/MediaBnR.com)

(Ki-Ka) Suherman, Tri Warsono, Andypras dan Taufiq Wibisono Motor kesuksesan Pahlawan Cup I (Stefanus/MediaBnR.com)

Sementara dari lapangan lomba, persaingan sengit terjadi di 26 kelas yang dibuka panitia. Meski jadwal lomba di Jawa Timur sangat padat. Hal tersebut tak berpengaruh di gelaran Pahlawan Cup I pekan kemarin. Terlihat beberapa gantangan di kelas favorit seperti Lovebird, Cucak Hijau dan Murai Batu, nyaris penuh. Bahkan, Kelas BKM dan Surabaya, untuk burung jenis Lovebird dan Cucak Hijau dipenuhi gaco peserta.

Baca Juga  Pemenang Kenari Diganjar Trophy

Ramainya Kelas Lovebird pada lomba tersebut, tak bisa terlepas dari beberapa komunitas penggemar burung paruh bengkok. Salah satunya komunitas CLBK (Cinta Lovebird Kekek’an) Surabaya. Turun full tim dengan membawa 48 gaco. Komunitas ini mendominasi lima kelas yang dibuka.

Meski tak seluruh kelas mampu masuk sepuluh besar. CLBK merasa tim juri yang bertugas bekerja sangat profesional. Pasalnya juri memberikan penilaian bukan berdasar pada siapa pemilik burung tersebut. Tetapi penilaian berdasar kualitas burung saat perform. “Meski kami anak binaan BKM, dari semua burung yang kami turunkan. Baru satu yang bisa juara satu,” kata Joko Purwoko salah satu anggota CLBK.

Selebrasi juga dirayakan Agus Leon Madiun. Menurunkan Kacer El Shaday, burung yang memiliki ciri khas gaya nyeklek serta membawakan lagu burung-burung kecil dengan diulang-ulang. Juara runner up ganda mampu ditorehkannya. “Hari ini boyong juara dua, kacer Brutal juga sama dapat juara dua,” katanya.

Sukses di Pahlawan Cup I Agus Leon Maidun Siap Bawa Kacer El Shaday ke Jatim Raya Cup (Stefanus/MediaBnR.com)

Sukses di Pahlawan Cup I Agus Leon Maidun Siap Bawa Kacer El Shaday ke Jatim Raya Cup (Stefanus/MediaBnR.com)

Melihat suksesnya gelaran perdana pekan kemarin, BKM Community mengucapkan terima kasih atas dukungan kicaumania dan seluruh pihak yang telah membantu kesuksesan lomba tersebut. Termasuk pekerja media yang telah mendukung dalam pemberitaan. Bila tak ada aral melintang, tahun depan BKM Community akan menggelar lomba serupa. “Rencananya hari jadi BKM Community kami juga bikin lomba,” ujar Suherman. (Stefanus)

Daftar Juara Lomba Pahlawan Cup I – Surabaya (16/11/2014)