Temanggung (MediaBnR.Com) – Dalam memperingati  hari Ultah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah   yang ke 180, kicaumania Temanggung dan sekitarnya menggelar lomba burung berkicau spektakuler yang bertajuk “Bupati Cup Temanggung” (14/12). Dengan sajian 23 kelas rata-rata peserta full ditiap kelasnya dan tiket hampir ludes terjual. “Saya menyambut baik acara ini karena tepat dengan ultah Temanggung yang ke 180, merupakan apresiasi yang luar biasa jika acara seperti ini dibuat 2x dalam setahun. Dalam waktu dekat akan kami buat Perda tentang pelarangan pemusnahan burung dan Insya Allah akan kami dirikan gantangan tempat lomba burung secara permanen dengan lokasi yang nyaman,” ungkap Bambang Sukarno selaku Bupati Temanggung setelah membuka acara.

Crew Panitia Meraih Sukses (Foto: Herlambang/MediaBnR.com)

Crew Panitia Meraih Sukses (Foto: Herlambang/MediaBnR.com)

Dari gantangan lomba, Star Lexus kembali menunjukan talentanya di gelaran ini, hingga mampu membuat para juri tercangang. Meski tiap minggu dimainkan kerja Star Lexus tetap ngedur hampir tanpa jeda serta diimbangi volume yang dahsyat, dan didukung gaya khasnya seperti anis merah teller. ” Sayang di Kelas Tembakau Star Lexus ada loncatnya ke bawah, karena terganggu oleh lawan sekelilingnya yang over birahi, jadi gagal untuk menang nyeri. Namun di kelas berikutnya Star lexus mampu menunjukkan kerja dia yang sesungguhnya,” papar Faiz yang selalu dikawal oleh Henry.

Star Lexus Tetap Stabil Debutan Faiz-Henry Star BF Sala3 (Foto: Herlambang/MediaBnR.com)

Star Lexus Tetap Stabil Debutan Faiz-Henry Star BF Sala3 (Foto: Herlambang/MediaBnR.com)

Yang sangat menegangkan justru terjadi di Kelas Murai Batu, selain pesertanya full juga pesertanya merupakan tokoh-tokoh perburungan papan atas. Di kelas utama yakni Kelas Bupati muncul nama Granat milik Achan dari SKM Sukorejo, berhasil memperoleh bendera koncer A mutlak dengan ngerol kolibri raja dan sogok ontong dibarengi dengan tembakan cililin, srindit, gereja tarung, lovebird, kenari, dan pelatuk yang dibawakan secara panjang-panjang dengan volume yang kencang.

Granat Terbukti Polesan Agoes SKM Sukorejo (Foto: Herlambang/MediaBnR.com)

Granat Terbukti Polesan Agoes SKM Sukorejo (Foto: Herlambang/MediaBnR.com)

Di kelas berikutnya Kelas Wakil Bupati berhasil diambil oleh Billy Kebumen dengan andalkan Kaisar. “Sengaja kaisar saya mainkan 1 kali saja mengingat kondisi bulu barunya masih basah, namun sudah terlihat kehebatan kerja kaisar walau belum semaksimal yang saya harapkan,” ucap Billy kepada BnR di sela-sela lomba berjalan.

Mr. Billy Kebumen Andil Membawa Kaisar (Foto: Herlambang/MediaBnR.com)

Mr. Billy Kebumen Andil Membawa Kaisar (Foto: Herlambang/MediaBnR.com)

Juara berikutnya ada Lendir Sakti milik Indra Harpindo dan disusul oleh Purnama milik Sigit Kapal Delanggu yang tidak ada persiapan lomba. “Saya mendarat pagi tadi sampai rumah langsung saya ajak anak saya datang ke lomba ini, meski belum ada pengkondisian Purnama tetap dapat juara juga. Saya anggap refreshing jalan-jalan ke Temanggung,” kata Sigit Kapal yang mempunyai banyak burung juara.

Baca Juga  Isabel, Rinjani & Rancak Bana Raih Podium Utama - Bisikan Ilahi Sapu Bersih Kelas Cucak Hijau

3 kelas untuk cucak hijau dua kelas berhasil dibabat habis Dokter Cinta debutan Faizin Tegal, meski kondisi bulu baru namun pemiliknya tak gentar untuk memainkan hingga 3 sesi. “Dokter cinta saya tahu benar karakternya termasuk burung bandel, pernah sayap tinggal berapa helai saja tetap saya mainkan masih dijalur juara apalagi saat ini bulu baru,” ungkap Faiz yang sudah mencoba di beberapa kota blok tengah. Masih di Kelas Cucak Hijau gaco milik Wisnu pandu asal pingit Temanggung kebagian di kelas Tembakau mampu mengunggulkan Meteor menjadi yang terbaik.

Rock speed beberapa minggu dilewati, secara estafet tiap minggu mampu berkarya membanggakan sang pemiliknya. “Awal prestasi Rockspeed dari Danrem Cup Mojokerto, Brimob Cup Pati, Purwodadi Cup, Independent Cup, dan dilanjut even saat ini yang menjadi jawaban dengan karya nyata di lapangan karakter bandelnya hingga bias menguasai antar blok,” aku Temoxz penuh kebanggaan.

Rock Speed Semakin Eksis Debutan Mr. Temox (Foto: Herlambang/MediaBnR.com)

Rock Speed Semakin Eksis Debutan Mr. Temox (Foto: Herlambang/MediaBnR.com)

Datang sebagai pemborong hadiah ada Indra Harpindo dengan gaconya Lendir Sakti, Lahar Dingin yang hattrick juara 3, Las Vegas hampir semua jagonya masuk 3 besar. “Selamat kepada para jawara dan selamat kepada Naga Hitam BC sebagai juara umum. Kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dari kicaumania seluruhnya hingga animo peserta sungguh luar biasa diluar bayangan kami, tak lupa kami mohon maaf jika ada sedikit kekurangan yang tidak membuat nyaman peserta,” ungkap Aris sebagai ketua pelaksana mengakhiri gelaran. (LaMbanK)

Daftar Juara Berkicau Bupati CUP (14/12/2014)