Suasana road to gubernur jabar cup II -  Jungle

Suasana Road to Gubernur Jabar CUP II – Jungle

MediaBnR.Com – Burung sebenarnya sangat penting sekali saat rawatan di tempat lapangan lomba. Banyak kicaumania tidak berani mencoba merawat di lapang lomba. Sebenarnya yang lebih efisien saat kita baru datang di lapang lomba. Burung baru datang kita istirahatkan sementara dan kita buka krodongnya biar diangin – anginkan sebentar.

“Kalau aku dimintai pendapat tentang rawatan di lapang aku pikir lebih baik di lapang. Karena burung setelah sampai di lapang langsung adaptasi dengan suasana lapang. Kasih saja rawatan seperti biasa di rumah dan jemur di lapang kayaknya lebih bagus kok. Cari tempat yang menyendiri jauh dari burung lain. Sepertiya kalau kita seting di lapang banyak kemungkinan burung kerja saat digantangkan,” kata Bang Boy.

Kalau secara logika ada benarnya pendapat dari Bang Boy karena otomatis burung langsung mengenal medan. Karena kalau burung sudah tidak merasa asing biasanya langsung bekerja.

“Ya kalau terbiasa mandi sebelum lomba mandikan saja di lapang dan dijemur di lapang. Kenapa harus takut dijemur terus mendengar suara burung satu jenisnya. Awas lo ada burung yang mau kerja saat di lapang dibuka krodongnya lo,” kata Bang Boy.

Para kicaumania tidak ada salahnya juga dicoba kalau burung yang dimiliki tidak bekerja saat digantangkan. Mungkin saja dengan cara yang disarankan Bang Boy burung bekerja maksimal. Kita jangan takut akan rawatan atau kebiasaan burung. Dalam bermain burung untuk lomba harus berani mencoba atau merubah rawatan saat burung tidak bekerja. (red)

Baca Juga  1 November BnR Buka Latpres di Jabodetabek Serempak!