Ilustrasi (Foto: ist)

Ilustrasi (Foto: ist)

MediaBnR.Com – Jika kita menghadiri suatu lomba besar, dengan mudah kita bisa melihat sejumlah mobil keluaran tahun terakhir berjejer rapi. Kendaraan seperti itu biasanya digunakan untuk membawa sejumlah  burung yang mungkin berharga puluhan atau ratusan juta rupiah. Di arena lomba kita juga bisa mudah melihat sejumlah orang lalu lalang  dengan busana sporty dengan fashion trendy. Tangan mereka menggenggam gadget termutakhir. Lewat alat itu mereka berkomunikasi dengan para crew lombanya.

Biasanya para crew itu tampak fokus mempersiapkan burungnya menjelang laga. Biasanya jika burungnya menang, mereka aktif mengkomunikasikan  lewat media sosial lewat gagdetnya masing-masing.

Tapi arena lomba burung berkicau memang merupakan muara pertemuan berbagai warna kehidupan. Bila kita jeli mengamati, maka dengan mudah kita bisa melihat sejumlah orang berpakaian lusuh memunguti botol-botol plastik atau kaleng-kaleng minuman dan memasukannya ke dalam plastik-plastik besar.

Kicaumania, di dunia yang fana ini, segala sesuatu hal sudah ada dalam rencana-Nya. Segala sesuatu yang sudah direncanakan-Nya adalah sebaik-baik rencana. Dan tidak seorang pun tahu apa dibalik dari maksud semua rencana-Nya. Sang Maha Kuasa bisa dengan membalikkan roda kehidupan setiap orang. Dan ini sudah sering terjadi dimana orang-orang dari strata bawah diangkat derajatnya, sementara tidak kurang orang berada yang terjun bebas kehidupannya. Bersyukur dan mawas diri adalah kuncinya. (red)

Baca Juga  Aturan Penggunaan Juri BnR Tahun 2016