Julio Diharja dan dr. Endang terus pantau perkembangan jagoan Paloka.

Julio Diharja dan dr. Endang terus pantau perkembangan jagoan Paloka.

MediaBnR,- Sebagai salah satu paguyuban peternak ocehan terbesar di kota Karawang, Paloka tetap konsisten dalam melatih jawaranya. Lewat arahan ketua Paloka, Juli Diharja, Paloka selalu melakukan latihan rutin setiap hari Sabtu di salah satu rumah anggotanya, yakni di rumah dr. Endang Syaeful Muhyi di bilangan tol Karawang Timur.

Dalam latihan tersebut, khusus digantangkan murai-murai bakalan yang siap menuju kontes. Hampir semua anggota Paloka hadir. Mereka menyaksikan aksi-aksi murai digantangan sambil melakukan Sharing dengan anggota lain.

Tjokro siap tarung ancaman murai kelas ring.

Tjokro siap tarung ancaman murai kelas ring.

“Selain sebagai latihan untuk melihat kesiapan burung, latihan ini juga untuk menambah erat tali silaturahmi dan persaudaraan diantara sesama anggota Paloka. Kami selalu menekankan akur, rukun dan guyub baik sesama anggota maupun saat kontes,” ujar ketua paloka Juli Diharja kepada media BnR.

Nah, dari hasil latihan yang kontinyu. Banyak jawara-jawara anggota Paloka yang manggung. Dari latihan ini selalu memunculkan jawara baru. Beberapa jawara milik Paloka yang saat ini naik panggung adalah Tjokro, Murai batu milik Candra. Murai batu kelas nasional ini dibeberapa lomba nasional menggetarkan persaingan murai batu ring. Tjokro sudah menaklukan beberapa lomba kelas nasional. Diantaranya Piala kang Dedi Mulyadi, Piala Kota Angin dan terbaru Piala Gunung Jati Cirebon. Ke depan, Tjokro sedang dipersaiapkan untuk lomba-lomba akbar mendatang. Salah satunya lomba BnR Award.

Modal juara nasional, Asmad harus diwaspadai.

Modal juara nasional, Asmad harus diwaspadai.

Selain Tjokro, jagoan kaliber nasional adalah Asmad. Sebelum Tjokro lahir Asmad sudah malang melintang menjuarai pelbagai even nasional. Bahkan burung ini sudah ditawar dengan harga yang sangat fantastis. Namun Juned sang pemilik tidak mengeluarkannya. Lomba-lomba nasional pernah ditaklukan Asmad. Tahun ini, Asmad siap kembali meladeni pertarungan sengit di murai batu.

Rutin latihan, Paloka konsistesn dalam melahirkan jawara.

Rutin latihan, Paloka konsistesn dalam melahirkan jawara.

Dua jawara caliber nasional ini mengangkat harum Paloka dipersaingan muray batu khususnya di Kota Karawang, dan umumnya di nasional. Selain dua burung ini beberapa jawara Paloka siap manggung dan siap bersaing adalah Batman, Kuda Poni, Kondang, Mutiara Hitam, Amuk dan Marugul (Juned), Dewa Oleng (Habieb), Spiderman dan Sangkuriang (Asep Solehudin), Kencana, Mandala dan Fortuner (Juli Diharja), Bul Dog dan Badil (Yudi), Harry Potter, Raden, Pangeran Muda (dr Endang SM),  Bagundal (Fuji Their), Marley (Amar Setiaganda), Tsubasa, Katana (Roma Arwan), Falcon (Bagas Cox), Boboboy dan Jambaring (Ali Makmur), Black Samson dan Ababil (trio), Octo (Dede RnG), Batman dan Bagio (Muji Bintara).

Baca Juga  Wuiih…!! Ternakan Paloka BF Karawang Naik Daun

Puluhan jawara-jawara anggota Paloka siap bersaing adu prestasi dilomba mendatang baik di even regional maupun di nasional. Sebagai paguyuban peternak ocehan terbesar di kota Karawang Paloka juga tidak melulu berlomba, namun Paloka juga tetap konsisten dalam beternak dan juga Paguyuban inipun sering memberikan support kepada Even Organizer.  (sae Milan)