Berlian Bird Farm – Kendal

Hasil anakan penangkarang BERLIAN

Mediabnr – Burung lovebird sangat identik memiliki kepekaan dengan pemiliknya, maka tak dapat dipungkiri apabila jenis burung yang satu ini tak bisa dipisahkan dari peran serta penghobinya. Seiring dengan permintaan pasar yang saat ini terus meningkat, grafiknya juga selaras dengan menjamurnya para penghobi yang terus saja bertambah untuk menangkarkan paruh bengkok ini.

Om Aris – Berlian BF Kendal

Seperti halnya penangkaran lovebird milik Om Aris yang beralamat di Desa Taman Gede RT. 03 RW. 01 Kecamatan Gemuh-Kendal kini tengah menjadi sorotan para lovebird lovers dimana dari trah indukannya sebagian besar memiliki kualitas lomba yang telah diakui dan secara otomatis regenerasi dari anakannya pun telah menuai prestasi disetiap aksinya dengan membanggakan.

Meskipun kegiatan dalam kesehariannya sangat padat karena harus bolak-balik ke negeri Korea untuk pekerjaan yang begitu menyita waktu, semangat serta ketekunannya menekuni hal breeding ini diapresiasi positif oleh keluarga untuk ikut membantu dalam keberhasilan produksi serta pemasaran yang secara tidak sengaja telah menciptakan sebuah lapangan pekerjaan.

Sirkulasi udara sangat penting mendukung 100 pasang indukan berproduksi

Berawal dari hobi ke lapang, Om Aris bertemu dengan relasi pemilik salah satu penangkaran ternama dari kota Batang yang namanya cukup termasyur hingga pulau seberang. Dari situlah ia mulai tertarik dan terjun ke ranah ini dengan memebeli beberapa indukan dari teman tersebut hingga berlarut untuk terus menambah indukannya yang saat ini mencapai 110 pasang indukan berkualitas. Satu lokasi disiapkan khusus untuk menekuni tangkarannya yang dibangun sedemikian rupa untuk memenuhi sarat keberhasilan produktivitas.

Salah satu faktor penting dalam teori produktivitas menurut Om Aris diantaranya adalah suhu dan sirkulasi udara dimana indukan dapat merasa nyaman untuk berproduksi serta perkembangan anakannya juga tetap terjaga untuk menjamin sebuah kualitas. “ Sirkulasi udara masuk dan keluar sangat penting karena ini dapat mempengaruhi suhu tubuh dan kesehatan makhluk hidup. Seperti halnya ikan, apabila di kolam itu tidak ada pergantian air pasti ikan itu kurang bagus perkembangannya, bisa sering terjangkit penyakit seperti jamur juga lainnya bahkan tidak berkembang tambah besar dengan ukuran segitu-segitu saja. Nah, untuk lovebird dan burung lainnya juga sama, kalau pergantian udaranya gak lancar burungnya juga gak fit bahkan sering sakit yang berdampak pada kenyamanan, dan kenyamanan ini nanti berpengaruh pada optimalnya reproduksi. Jadi percuma punya indukan kualitas jawara tapi perkembangannya jelek karena tidak disupport perawatan yang tepat,” jelasnya.

Kebersihan pakan segar & vitamin untuk konsumsi harian

Benar adanya ketika media meninjau langsung lokasi penangkaran RING BERLIAN miliknya, rak-rak polier tempat tertata rapinya kandang tangkaran begitu sedap dipandang dengan terbukanya 2 pintu utama berlawanan sudut untuk keluar masuk udara, kipas angin, pengatur suhu, serta beberapa plong jendela untuk tetap masuknya cahaya matahari. Kebersihan tangkaran selalu terjaga setiap hari dikawal beberapa anggota keluarganya yang ikut membantu, serta yang tak kalah penting adalah konsumsi pakan yang diupayakan selalu terjaga kesegarannya dan asupan vitamin untuk menopang kondisi fit indukan juga anakannya.

Tak heran apabila sejak pertama turun menekuni tangkaran ini hingga sekarang produksi anakannya terus konsisten dan bertambah, bahkan tetap terjaga kualitasnya untuk memenuhi pangsa pasar yang mayoritas tembus di lomba. “ Alhamdulillah sekarang ini secara bergantian indukan setiap bulannya stabil panen mencapai 30 ekor anakan yang langsung terbang ke pemesan baik di Jawa maupun pulau seberang. Dengan harga jual 250rb-1jt menyesuaikan warna dan trah yang bisa kita lacak dari kode dan warna ring saya rasa cukup terjangkau, dan hingga saat ini langganan lama maupun baru tidak kecewa, masing-masing kami arahkan sesuai kebutuhannya baik itu untuk ditangkarkan lagi ataupun yang mau dibuat lomba,” tambah pemilik cp 082136625757 yang juga mulai melirik ke indukan lovebird trend warna untuk melengkapi koleksinya ini. (kiky)