BOYOLALI CUP-4

Segenap Panitia bersama Pemkab Boyolali

Mediabnr – Event tahunan lomba burung berkicau dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Boyolali yang ke-171 bertajuk “Boyolali Cup-4” siap digelar. Kali ini bekerjasama dengan BnR Indonesia. Genderangpun sudah ditabuh dengan dikirimnya Duta di beberapa lintas Event Organizer (EO) Blok Tengah bahkan Blok Barat, mulai dari latihan prestasi (latpres) hingga lomba tingkat Nasional. Bahkan Duta Boyolali ada yang meraih Juara Umum. Ini pertanda bahwa event “Boyolali Cup-4” mendapat respon positif dan dukungan dari Kicau Mania. Hal ini tidak lepas dari peran Bapak Joko Bonita yang setiap minggu rajin menyambangi lomba di berbagai daerah untuk menyambung silaturahmi sekaligus mensosialisasikan.

Area Taman Paku-pakuan

Titik Lokasi area lomba

Gelaran yang dimotori Bapak Joko Bonita ini didukung hampir semua EO yang ada di Boyolali dan juga sudah mendapat restu dari Bapak Bupati Drs H Seno Samodra serta dukungan penuh oleh Dinas/ Badan yang terkait utamanya adalah Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Boyoalali. Event rencananya akan digelar pada hari Minggu 15 Juli 2018 ini menempati lokasi di Kebun Raya Indrokilo Boyolali. Pada kesempatan kali ini Bapak Bupati berkenan hadir untuk melakukan pelepasan burung bersama ke alam bebas, sebagai bentuk upaya menjaga keseimbangan alam terhadap fauna.

Support dan dukungan dari tokoh perburungan Blok Tengah untuk Boyolali Cup-4

Lokasi yang teduh dan nyaman untuk menaruh burung

Alasan dipilihnya memakai tempat Kebun Raya Indrokilo karena lokasi tersebut dinilai strategis, nyaman, luas serta dilengkapi sarana penunjang yang cukup. Akses menuju lokasi sangat mudah dijangkau hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota tepatnya di Gunungsari Kel. Kemiri, Kec. Mojosongo Boyolali atau sebelah Timur Kantor Polsek Mojosongo, Jalan Raya Boyolali – Jatinom pertigaan belok ke Utara sekitar 600m.

Jalan Lingkungan di dalam lokasi

Kebun Raya Indrokilo sendiri adalah destinasi wisata dan edukasi yang merupakan area konservasi tanaman langka yang dilindungi dan sekaligus sebagai tempat hiburan masyarakat. Di dalamnya terdapat Taman Labirin, Taman Energi, Taman Paku-pakuan, Rumah Kaca. Fasilitas yang ditawarkan antara lain Wifi, wahana outbond dan air terjun buatan yang sangat cocok dijadikan sebagai spot selfie dengan view alam terbuka. Bangunan – bangunan yang ada di dalamnya saat ini adalah gedung serbaguna yang nantinya akan dipakai sebagai tempat pelayanan ticketing dan kepanitiaan yang siap melayani pembelian dan pengambilan tiket pesanan secara tertib. Jalan akses di dalam lokasi berupa jalan paving yang tertata bagus dan rapi.

Gerbang Pasingsingan – Pintu utama menuju lokasi

Fasilitas berupa toilet yang bersih dan mushola pun juga tersedia sehingga para peserta yang akan melaksanakan ibadah sholat tidak harus keluar dari lokasi lomba. Ada pula Gerbang Pasingsingan yang terinspirasi dari Chiang Kai Shek memorial hall Taiwan bahkan dalam waktu dekat akan dibangun Patung Mahesa Jenar dengan tinggi 30 m di lokasi ini.

Gedung serbaguna yang rencananya akan digunakan untuk pelayanan ticketng dan kepanitiaan

Di samping lomba burung Pemkab Boyolali juga ingin memperkenalkan Kebun Raya Indrikilo kepada masyarakat luas yang dulunya merupakan daerah untuk orang yang bertapa mencari penglarisan dan jabatan. Sekarang image-nya menjadi obyek destinasi wisata bertaraf Nasional di Boyolali yang modern dengan konsep kekinian (TOBIL/TYCKA)