Aksi damai 14 agustus 2018 tolak Permen LHK P 20,

Gerakan 14 Agustus aksi demo FKMI bersama kicaumania di kantor Kementerian LHK membuahkan hasil. Nota keberatan FKMI untuk mengeluarkan 3 jenis burung Murai Baru Jalak suren dan Cucak rowo menjadi tidak dilindungi. Akhirnya direspon positif oleh pihak LHK dengan menjadikan ketiga jenis  burung tersebut menjadi tidak dilindungi.

FKMI yang konsisten menolak Permen dari awal permen 20 keluar membuahkan hasil. Seperti disampaikan oleh Direktur LHK ibu Indra keputusan ini diambil sesuai nota keberatan FKMI tanggal 14 Agustus 2018 saat audensi di kementerian LHK. Serta kajian yang juga disampaikan oleh pihak FKMI  tentang dampak sosial ekonomi di masyarakat.

“Alhamdulilah perjuangan tapi belum berakhir karena ada jenis lain yang akan kita usulkan. Cucak ijo dan Pleci kajiannya lagi dipersiapkan untuk dimajukan ke pihak LHK. Sekarang ini kita tidak perlu mengklaim hasil kerja siapa semua ini yang pasti FKMI konsisten dari awal itu aja”. kata Bang Boy menjelaskan.

Kalau dilihat yang keras dari awal memang FKMI sampai mengerakkan aksi 148 seluruh Indonesia. BnR satoe sendiri turun ke kantor kementrian LHK tanpa berbekal izin demo dari Polda Metro. Semua murni berjuang untuk dunia perburungan ini semoga apa yang kita hasilkan ini. Bisa kembali menjadikan dunia burung seperti dulu selalu semarak dan damai ceriah.