N & N (NOE & NOAH) BIRD FARM TANGERANG

BIDIK SASARAN BERMUTU HASILKAN ANAKAN TRAH BERKWALITAS

TANGERANG – Berawal dari kecintaanya terhadap burung berkicau melahirkan berbagai peluang usaha yang sangat menjanjikan salah satunya adalah menangkar burung Murai Batu. Harga jualnya yang stabil serta menjanjikan keuntungan membuat pria asal Kebumen ini mencoba bisnis baru yang selama ini hanya menjadi hobbynya saja dengan kata lain selain menyelam sambil minum air.

Om Toha kicaumania yang bermukim di daerah Duta Bintaro yang juga memiliki Murai Batu jawara bernama Kamandanu dan Meteor ini mulai mencoba peruntungannya di dunia Breeding diawal tahun 2012 bersama rekannya yakni Om Danang. Dengan modal tekad yang kuat dan juga dibantu pengalaman dari Om Danang yang sudah terlebih dahulu terjun kedunia penangkaran. Dunia breeding diakuinya mempunyai prospek yang cerah, support dari keluarga serta sumbang saran dari rekan-rekan kicaumania yang dikenalnya, Om Toha semakin yakin memberanikan diri terjun kedunia konservasi.

Permasalahan soal indukan, Om Toha sangatlah selektif dalam memilih bakalan indukan. Untuk menghasilkan anakan yang bermutu dan berkwalitas Om Toha selalu membeli dengan cara pantau langsung dilapangan atau kata lain nyolok burung-burung juara dengan kriteria yakni materi serta kinerja yang ciamik. karena orientasinya adalah burung yang ditangkarkannya adalah burung untuk terjun di lomba.

7 Kandang Penangkaran minimalis yang dimiliki oleh N & N BF berada dibagian lahan samping rumah milik Om Danang yang asri dan sunyi dengan kolam air mancur ditengah taman. Masing-masing kandang ternaknya dihuni oleh sepasang indukan Murai Batu Jenis Medan dengan ukuran 2,5 M X 1,5 M X 120 Cm. Didalamnya terdapat ranting pohon asem kering yang menjulur keberbagai sudut penjuru kandang ternak, lalu pada bagian bawah terdapat bak air yang selalu terjaga kebersihannya. Kotak sarang dari tripleks yang ditaruh pada pojok atas dengan lapisan yang terdiri dari alas daun cemara kering yang hangat berguna sekali untuk proses pengeraman menurut Om Danang.

Kendala yang dialami pada awal breeding yakni sering mendapati telur kosong dan suka dimakan oleh induknya sendiri menjadi pertanyaannya. Rasa penasaran yang sangat tinggi dan juga berkat ketelatenan dari Om Danang serta saling tukar pendapat dan pengalaman dari sesama breeder membuat masalah yang dialami dapat teratasi hingga saat ini, dan dapat dikatakan tingkat kegagalannya nyaris tidak ada selama masa proses produksi.

Baca Juga  Teguh Walet Rebut Juara Umum SF

Beberapa pasang indukan trah jawara yang telah berjodoh dimasukkan ke dalam kandang ternaknya dengan diberi pakan Voer, Cacing tanah dan Jangkrik guna mengenjot tingkat produksi yang banyak. Setelah menetas anakan umur 8-9 hari dipisah dari induknya untuk menjalani proses pelolohan dibantu oleh sang isteri, untuk pakan lolohan Om Danang mempercayakan pakan berkwalitas produk ternama yang menurutnya sudah pas komposisinya, dan juga dilengkapi lampu penghangat serta diberikan burung masteran seperti Kenari, Cililin, Ciblek, Lovebird, Tengkek Buto dan Jalak Suren.

Untuk biaya pakannya sendiri sang pemilik harus merogoh kocek sebesar 1-2 Jt perbulan untuk pembelian Voer, Jangkrik dan Kroto. Terlebih lagi untuk kroto dan Jangkrik, Om Danang sangatlah teliti akan extrafooding yang satu ini hingga harus pesan langsung dari kios langganannya guna memperoleh kroto dan Jangkrik berkwalitas super.

Anakan Jenis Medan ini memang sangat dicari oleh para sahabat kicaumania, mental tarung yang luar biasa serta volumenya yang tembus menjadikan Murai Batu yang satu ini sangat sangat populer dikancah perburungan. Harga yang ditawarkan oleh N & N BF ini berkisar antara 2,5-3 Jt dengan garansi trah berkwalitas yang dilengkapi oleh Ring serta Sertifikat dan juga jenis kelamin dari kandang penangkarannya.

Bagi rekan-rekan kicaumania yang hendak mengkoleksi serta berkonsultasi seputar trotolan Murai Batu Medan serta silangan dari trah juara dan jenis lainnya dengan ring N & N Bird Farm Tangerang, dapat langsung menyambangi kandang penangkarannya yang beralamat di Perumahan Duta Bintaro, Ubud 1 Blok G 32 No.1 Kunciran Kec.Pinang- Kota Tangerang atau dapat menghubungi langsung di No Hp 081299387943/08129519441. * Arie


GALERY FOTO :

Kandang Ternak Minimalis milik N & N BF hasilkan anakan berkwalitas

Om Toha (Kanan) dan Om Danang (Kiri) N&N Bird Farm

Om Toha (Kanan) di kandang masteran

Trotolan siap diantar

Trotolan umur 1 Bln Ring N&N BF