Mamuju (MediaBnR.Com) – Geliat kicaumania Mamuju dewasa ini semakin semarak. Bangkitnya pecinta burung berkicau yang berada di Sulawesi Barat ini sudah mulai menunjukkan eksistensinya di mata nasional. Apalagi dengan masuknya beberapa E.O. perburungan di Kota Mamuju membuat kicaumania yang berada disana semakin berwarna. Salah satunya adalah BnR Indonesia dimana BnR Indonesia telah membuka cabang di kota ini. Adalah BnR Mamuju yang di bawah komando Supjayadi Chalik dimana E.O. ini terbentuk sudah hampir 2 tahun dan hadir untuk memajukan dunia perburungan Sulawesi Barat termasuk Kota Mamuju sendiri dan tentunya ikut menyemarakkan dunia burung di mata nasional.

Supjayadi Chalik Ketua BnR Mamuju

Oleh karenanya, pada Minggu, 6 Januari 2019, BnR Mamuju mengadakan launchingnya. Launching BnR Mamuju ini sebagai event pembuka tahun 2019 bagi BnR Mamuju dan eventnya terbilang sangat sukses dengan dihadiri oleh ratusan kicaumania baik itu dari Kota Mamuju maupun dari luar Kota Mamuju. Bahkan banyak kicaumania dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan serta dari Kalimantan yang ikut melibatkan diri untuk mengikuti even launching tersebut.

Drs. H. Tonga Memberikan Kata Sambutan di Depan Kicaumania

Tepat pukul 10.00 WITA Launching BnR Mamuju ini digelar. Ada 29 kelas yang dibuka dengan tambahan 2 kelas yaitu Kelas Pengurus dan Kelas Murai batu Best Of The Best (BoB) pada gelaran launching hari itu. Kesemua kelas begitu semarak dan ramai memenuhi gantangan lomba yang berlokasi di Taman Karema Kota Mamuju. Kelas love bird dan murai batu yang menjadi kelas yang sangat ramai disajikan.

BACA JUGA: Daftar Juara Launching BnR Mamuju – Minggu, 6 Januari 2019

Selain itu yang menjadi menarik di launching ini adalah kelas tambahan. Di Kelas Murai Batu Pengurus dimana kelas tersebut diperuntukkan untuk pengurus BnR Mamuju dan beberapa E.O. lain yang menjadi bagian dari kicuamiania Mamuju seperti Ronggolawe DPC Mamuju dana KMMC (Kicau Mania Mamuju City). Dan untuk di Kelas Murai Batu BoB, murai-murai yang telah juara di kelas sebelumnya, kembali saling beradu memperebutkan tahta jawara murai terbaik pada hari itu.

Penggantangan Secara Simbolis Dilakukan Oleh Drs. H. Tonga

Sungguh semarak dan sukses launching pada hari itu dengan catatan dari panitia, peserta tembus sebanyak 670 peserta. Suksesnya Launching BnR Mamuju ini tak lepas dari dukungan dari beberapa BC (bird club) dan SF (single fighter) yang ada di Kota Mamuju. Bahkan pemerintahan setempat juga turut mendukung penuh kegiatan kicaumania yang ada di Kota Mamuju sepertihalnya ketika Asisten 3 Kab. Mamuju, Drs. H. Tonga, yang mewakili Bupati Mamuju, hadir di sela-sela gelaran. Ia menuturkan bahwa gelaran seperti lomba burung berkicau ini agar lebih rutin lagi diadakan supaya dapat menumbuhkan ekonomi kerakyatan di tengah masyarakat dan pecinta burung.

Suksesnya Launching BnR Mamuju Tak Luput dari Peran Ir. H. Rais (baju merah)

Di akhir gelaran tepat pukul 17.00 WITA, doorpize dan pemberian penghargaan burung terbaik serta BC dan SF terbaik dilaksanakan. Di murai batu, murai Jarot milik Jihan dari NBC dinobatkan sebagai murai terbaik. Sedang di love bird terbaik ada nama love bird Canibal milik Desman dari Brother BC yang jadi terbaik. Untuk juara BC, tim Kadhung BC sukses membawa tropi juara BC pada hari itu. Sedangkan Sandeq SF yang dinahkodai oleh Amir, sukses dinobatkan sebagai juara SF. (fuad)


Ketua BnR Palu Harry Sumampouw (kedua dari kiri) Turut Serta Dalam Gelaran Launching BnR Mamuju

 

Kadhung BC Sukses Juara Umum BC

 

Para Pemenang di Kelas Murai Batu Pengurus

 

Love Bird Canibal menjadi Love Bird Terbaik

 

Murai Batu Jarot Dinobatkan Sebagai Murai Terbaik

 

Palu Bangkit BC

 

Panitia Launching BnR Mamuju Bersuafoto

 

Para Juri BnR Indonesia yang Bertugas

 

Para Kicaumania Asal Palu Bersuafoto Bersama

 

Sandeq SF Juara SF

 

Para Pemenang Doorprize

Baca Juga  Latpres Exclusive KMMC Bukti Eksisnya Kicaumania dan BnR di Sulawesi Barat