VIAN LEUSER KEDATON BF BANDAR LAMPUNG

BREEDING VIAN LEUSER KEDATON BIRD FARM

Mediabnr- Sudah bukan rahasia lagi Murai Batu (MB) Bahorok adalah salah satu jenis MB unggulan dari sekian banyak jenis MB yang tersebar di kepulauan nusantara. Di dunia lomba burung berkicau, Kelas MB juga merupakan kelas paling bergengsi. Bahkan, oleh sebagian kicau mania dijadikan simbol kebanggaan tersendiri.

Menurut Vian Leuser Kedaton Bird Farm, yang sudah sejak 2015 silam menekuni dunia breeding MB jenis Bahorok dan Marike. Murai Batu Bahorok mempunyai banyak keunggulan daripada dari daerah lain, “Fisiknya sangat sempurna dengan mental tempur yang tangguh luar biasa. Karena habitatnya ada di lereng-lereng pegunungan di kawasan Bahorok, “kata Vian.

Vian, termasuk deretan nama beken penyedia bahan prospek asli MB jenis Bahorok dan Marike yang habitatnya termasuk di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Bicara Murai Batu, Vian mempunyai tips untuk penggemar ekor panjang, tips pemasteran Murai Batu muda ala Vian Leuser.

KUALITAS MENJADI TONJOLAN UTAMA KEDATON BF

Dimulai sejak usia dini, agar kelak saat dewasa mempunyai senjata suara andalan saat lomba. Tentu, semua tergantung dari tingkat daya serap masing-masing burung, lanjut Vian. “Tetapi, rata-rata jenis MB Bahorok dan Marike mempunyai tingkat kecerdasan di atas tata-rata dalam menyerap burung masteran. Namun, kita sebagai pemilik harus tetap semangat dan berusaha dalam melakukan pemasteran.

Pemasteran bisa dimulai dari jam 09 pagi hingga sore, dengan menggunakan Mp3 atau lebih efektifnya bisa langsung menggunakan burung jenis masteran. Tak lupa Jangkrik, Kroto dan Vitamin kita berikan, agar trotol MB kelak saat dewasa mempunyai tumbuh kembang dengan baik dan terpenuhi asupan gizinya. Dan yang paling penting, menjaga kebersihan burung dan sangkar burung, “terangnya.

PERANAKAN DARI INDUKAN ORIGINAL HUTAN

Kedaton Bird Farm adalah nama breeding dari Vian Leuser, yang dibangun sekitar 5 tahun yang lalu. Berada di Provinsi Lampung, Kota Bandar Lampung, Kec. Kedaton, Kel. Surabaya. Selain hanya menangkarkan jenis Bahorok dan Marike, untuk indukannya sendiri, Vian tidak mau asal comot, semua indukan yang di jodohkannya pun berasal dari asli habitat liaran atau original hutan. Sejak usia dini, pemasteran pun sudah dilakukan Vian, untuk semua anakan MB yang berada di Kedaton BF miliknya.

Baca Juga  Sinabung BF Cilangkap – Jakarta : Minimalis Namun Sukses Mencetak Trah Juara

Tak heran bila banyak pemain papan atas, serta breeder-breeder ternama di Indonesia, memesan hasil tangkar MB milik Vian Leuser Kedaton BF secara rutin.

Bagi saya melakukan breeding tidak bisa instan, semua butuh proses panjang dan pahit. Tetapi saya yakin dengan konsep awal, dengan tetap menjaga kualitas original, pelanggan pasti puas dengan hasil yang kita sodorkan. Alhamdulillah, dari produk pertama hingga sekarang, Junior dari hasil tiap-tiap kandang, bisa membuat saya senang, begitu juga kabar dari para pelanggan, “tandas Vian.

VIAN LEUSER CEGAH KEPUNAHAN MB DENGAN BREEDING

Akhir-akhir ini, untuk menjaga kepunahan MB jenis Bahorok dan Marike, Vian juga sudah mulai mengembangkan beberapa kandang, yang di isi dengan Junior-junior dari hasil peranakan indukan pertamanya.

Untuk pecinta Murai Batu Indonesia, yang penasaran dengan jenis Bahorok dan Marike yang terkenal unggul dengan tipikalnya yang fighter, cerdas, tangguh dan kuat dalam pertempuran, bisa kontak langsung Vian Leuser Kedaton BF di (0812-7925-5524) kota Bandar Lampung. (Toto Jr)