DIKLAT JURI BNR ANGKATAN 49-KOTABARU KALSEL

Kru Juri Angkatan 49 Siap Mengawal Lomba Kicauan

Mediabnr – Perkembangan BnR didunia kicauan kian hari terus berkembang pesat seiring waktu. Hal sama juga terjadi di perburungan Kalsel tepatnya Kotabaru. Untuk menjembatani hal ini maka digelar Diklat juri BnR Angkatan 49 berlangsung di Stikip Kotabaru Tanggal 6-8 September 2019.

Peserta Diklat Juri BnR Angkatan 49 sendiri berjumlah 11 orang masing-masing dari berbagai daerah, ada dari Tanjung, Jorong, Asam-Asam, Banjarbaru juga Kotabaru sendiri.

Dengan Narasumber Ip Toto dari BnR Pusat juga Andre ketua juri BnR Kalsel semua peserta Diklat diberi pengarahan bagaimana bertugas untuk menjadi juri BnR dilapangan. IP Toto memaparkan secara luas, tugas dan pakem penjurian untuk seorang juri BnR yang handal agar dapat bertugas mengawal lomba kicauan di setiap gelaran, baik skala latber, latpres juga regional bahkan nasional. Tak hanya melulu teori, peserta diklat juri Angkatan 49 juga diberi arahan langsung praktik dilapangan sehingga peserta Diklat Juri BnR nanti siap mengawal lomba kicauan.

Pemaparan berbagai bidang secara luas dari berbagai aspek baik teknis dan non teknis, pengenalan jenis-jenis burung yang dilombakan, pakem penjurian BnR, etika dan moral agar juri BnR yang bertugas bisa langsung terjun ke arena gantangan. Pakem perjurian BnR yakni irama lagu, durasi dan volume dimana irama lagu sangat penting agar bisa tampil sebagai burung jawara.

Faktor ketelitian, disiplin, etika menjadi hal paling utama agar dapat menjadi seorang juri yang berhati nurani dalam bertugas, ungkap IP Toto juga Andre selaku ketua Juri BnR Kalsel. Juri merupakan pengadil dilapangan lomba, semua peserta diklat juri BnR Angkatan 49 agar bisa terus mengasah diri, tak pernah puas untuk belajar, punya hati nurani tanpa memandang siapapun pemilik burung akan tetapi melihat dan mendengar kinerja burung di arena gantangan sehingga tercipta lomba fairplay dan sehat berujung kepuasan kicaumania setiap mereka turun dilomba yang dikawal juri BnR, tambah Agus Dosen sebagai Ketua BnR Cabang Kotabaru.

Siap Mengawal Perburungan Kotabaru

Resmi Sebagai Bagian Dari Juri BnR

Praktek Lapangan Peserta Diklat Juri BnR

Pengukuhan Juri BnR Angkatan 49

Pemaparan Materi Diklat JUri BnR

Menyimak Dengan Seksama Arahan Narasumber

Menekankan Penjurian Fairplay

Berlangsung Dari 6-8 September 2019

Berjumlah 11 Orang Dari Berbagai Daerah

Agus Dosen Sebagai Pencetus BnR Kotabaru

Agus Dosen (kiri), IP Toto Dan Andre

Terimakasih Atas Support Peserta Diklat Juri BnR Angkatan 49

Sokongan Penuh Dari Juri BnR Lainnya