IRFAN BP BF PARUNG – BOGOR

Irfan BP BF bersama Trotolan Murai Batu nya

Mediabnr.com – Semarak dunia burung saat ini melahirkan peluang bisnis yang sangat menjanjikan dipelbagai aspek salah satunya adalah bisnis penangkaran.

Selain sebagai pemain dan penghobi, Kecintaannya pada burung kicauaan khususnya Murai Batu membuat pria kelahiran Tasikmalaya – Jawa Barat ini memberanikan diri menangkarkan disela kesibukannya sebagai pengusaha cemilan Baso Goreng (Basreng) diwilayah Parung – Bogor.

Terjun diawal tahun 2018, usaha breeding mulai digeluti oleh Irfan dan langsung berjalan mulus membuahkan hasil. Dukungan teman satu hobby serta Keluarga membuatnya serius menjalani kegiatan konservasi Murai Batu hingga sekarang.

Murai Batu yang ditangkarkan di farmnya berjenis Medan super. Dimasa penjodohan, sang breeder selalu menjaga kwalitas ternakan. Semua indukan yang masuk kandang ternaknya berasal dari burung prestasi miliknya sendiri. Bahkan dia memiliki dobelan pejantan dan betina untuk memudahkan proses penjodohan bilamana ada salah satu indukan tidak ada yang cocok.

Trotolan Murai Batu Irfan BP BF yang sudah diindent

5 Kandang Penangkaran minimalis Irfan BP BF dihuni oleh sepasang indukan Medan masing-masing memiliki ukuran 2 M X 1 M X 90 Cm. Dalam kandang terdapat ranting pohon asem kering menjulur kepelbagai sudut penjuru, kemudian bagian bawah dialasi pasir juga bak air yang berfungsi sebagai sarana mandi dan juga minum diganti periodik setiap hari.

Kotak sarang dari tripleks ditaruh pada pojok atas dengan lapisan terdiri dari daun cemara kering yang berguna sekali untuk proses pengeraman.

Lebih lanjut Irfan menyampaikan pakan indukan yang diberikan pada masa produksi terdiri atas Voer, Cacing Tanah, Jangkrik dan udang kecil guna menggenjot produksi anakan.

Baca Juga  Binaan Departemen Kehutanan Jambi Sukses Ternak Murai Batu

Setelah menetas, peran sang isteri yakni Mulyati bertugas dengan penuh kesabaran dan ketelatenan meloloh dengan waktu yang tidak terbatas. Untuk anakan umur 8-9 hari, Mulyati memberikan pakan berupa Adonan voer AMS ditambah Jangkrik serta vitamin.

Kandang Penangkaran minimalis hasilkan anakan berkwalitas

Setelah kenyang trotolan ditempatkan pada kandang kotak yang telah dilengkapi lampu penghangat dan ditemani aneka burung masteran seperti Rio-Rio, Cililin, Srindit, Kolibri, Pentet juga Kapas Tembak.

Biaya pakannya sendiri sang pemilik harus merogoh kocek sebesar 1-1,5 Jt perbulan untuk pembelian Jangkrik,Voer dan Kroto. Terlebih kroto, Irfan sangat teliti akan extrafooding satu ini hingga pesan langsung dari kios langganan guna memperoleh kroto bermutu super.

Kendala awal produksi menurutnya hanya berpusat pada konstruksi kandang ternaknya yang tidak tertutup rapat sehingga hama tikus dan Kadal ijo dapat masuk, dan langsung diatasinya dengan cepat hingga tidak memakan trotolan.

Breeder newbie ini tergolong bertangan dingin, sekian banyak kawan-kawan sesama breeder sering menanyakan Apa kiat dan rahasianya hingga sukses memompa anakan dari awal proses penjodohan yang berjalan kurang lebih 2 tahun, 100 trotolan trah berkwalitas berhasil dicetak olehnya.

Koleksi Trophy yang dihasilkan dari indukan juaranya

Koleksi Trophy yang dihasilkan dari indukan juaranya

Trotolan Jenis Medan sangat diburu oleh para sahabat kicaumania, mental tarung luar biasa serta volume tembus menjadikan Murai Batu satu ini sangat sangat populer dikancah perburungan.

Harga trotolan yang ditawarkan oleh Irfan BP BF berkisar antara 3,5 – 5 Jt dengan garansi trah berkwalitas yang dilengkapi Ring serta Sertifikat dari kandang penangkarannya.

Buat rekan-rekan kicaumania hendak mengkoleksi serta berkonsultasi seputar trotolan Murai Batu Medan silangan trah juara serta jenis lainnya dengan ring Irfan BP BF, dapat langsung menyambangi Bird farmnya yang beralamat di kampung Waru, Gang Dukuh Rt 1 Rw 2, Parung – Bogor atau juga menghubungi langsung Telepon selulernya 081281722199. * Arie