Mr. Ponco Rajawali SF Semarang

Mediabnr – Polesan tangan dingin Mr. Jiteng yang dipercaya oleh Mr. Ponco sebagai salah satu mekanik kepercayaan dari tim Rajawali SF Semarang, selalu membuahkan hasil yang maksimal. Murai Batu Putra Raja yang dipercaya untuk dipoles oleh Mr. Ponco, dibayar dengan hasil memuaskan diatas gantangan. Putra Raja yang masih berumur muda, sudah diajak untuk sowan malang melintang dipentas laga. Meskipun Putra Raja masih berumur belia, ketangguhan diatas gantangan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Materi tonjolan irama lagu yang dibawakan terbilang komplit, dari Jalak Suren,Cililin, Cucak Jenggot, Kenari hingga Love Bird dibawakan dengan sempurna. Sepenggal prestasi yang sudah pernah diraih Murai Batu Putra Raja.:

Juara 1 Piala Kapolres Jepara

Juara 2 Piala Kapolres Semarang Barat

Juara 2 dan 3 Road To Gubernur Jateng Cup

Juara 2 dan 4 Semarang Award

Sedikit bocoran yang terlontar dari Mr. Jiteng tentang rawatan Putra Raja, mungkin tips ini bisa berguna untuk memoles gacoan rekan kicau mania yang memiliki burung Murai Batu berusia belia.

Ritual harian Mr. Jiteng dimulai pukul 04.00 WIB, Putra Raja yang masih didalam kerodong dibangunkan dan diberi pakan jangkrik sebanyak 3 ekor. Setelah jangkrik dimakan habis Putra Raja di embun diteras rumah yang terbuka, lama pengembunan dilakukan sampai pukul 06.00 WIB. Setelah sinar mentari mulai muncul Putra Raja dipindah untuk terkena sinar matahari pagi, lama penjemuran selama 15 sampai 30 menit.

Setelah masa penjemuran usai Putra Raja diangin-anginkan, dan setelah itu Putra Raja dimandikan didalam keramba mandi. Dan jangan lupa kandang pun ikut dibersihkan wadah pakan pur dan air minun diganti yang baru, Karpet serta kayu pangkringan ikut dibersihkan. Setelah puas mandi Putra Raja dientas dan dimasukkan kandang dengan diberi jangkrik 2 ekor dan diberi kroto segar sebanyak 1 sendok.

Baca Juga  Cara Cepat Mengatasi Murai Bermasalah

Setelah jangkrik dan kroto dimakan habis, Putra Raja masuk kedalam kandang umbaran. Selama didalam kandang umbaran Putra Raja hanya diberikan air minum, lamanya pengumbaran kurang lebih selama 4 jam. Setelah proses pengumbaran selesai Putra Raja diistirahatkan dan dikerodong full, dan disore hari pukul 17.00 WIB Putra Raja diberikan lagi pakan jangkrik sebanyak 5 ekor. Ritual harian ini dilakukan dari hari Senin hingga hari Kamis, untuk seting lomba dihari Minggu Mr. Jiteng mempersiapkan Putra Raja dihari Jumat atau H-2.

Metode yang dilakukan hampir sama seperti rawatan harian hanya Putra Raja tidak masuk kedalam umbaran, dan untuk pakan jangkrik dinaikkan porsinya menjadi 2 kali lipat dari pemberian harian. Dan untuk pemberian kroto dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu yaitu hari Senin,Kamis dan Sabtu, dan untuk mandi dilakukan pada hari Senin,Kamis dan Minggu pagi. Untuk setingan dilapangan Putra Raja diberi jangkrik 5 dari rumah dan colok ulat hongkong 5 ekor 3 sesi sebelum digantang. Apabila ingin main disesi kedua cukup diberikan jangkrik 3 ekor dan ulat hongkong 5ekor. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi rekan kicau mania semua.(Aben)

Mr. Jiteng mekanik andalan Rajawali SF

Tim Rajawali SF saat menjuarai the best Single Fighter

Putra Raja saat turun dari gantangan