Suasana Lomba (ilustrasi)

Mediabnr – Masih ada saja peserta lomba yang tidak bisa membedakan burung mantul dengan burung turun. Penilaian BnR Indonesia untuk burung mantul masih berhak untuk menjadi juara sekarang yang menjadi permasalahan. Membedakan mantul dan turun ini harus diperjelas.

“Sangat mudah kalau kita mau membedakan mantul sama turun. Ini aku beri contoh mantul itu seperti kita melempar bola kelantai itu mantul. Tapi kalau burung kebawah diam persekian detik aja itu namanya turun. Jadi bisa dibayangkan sekarang yaa bola yang kita lempar kelantai itu yang namanya mantul”. kata BnR satoe menjelaskan.

Sebenarnya pada prinsipnya peserta sudah paham membedakan mantul sama turun. Hanya saja mencoba untuk mencari cela pembenaran disaat burungnya bermasalah. Jelas bisa dibedakan antara mantul dengan turun tapi juga namanya usaha sah-sah saja kok.

BnR Indonesia memberikan suatu kelonggaran terhadap burung yang dilombakan tapi ada juga peserta yang memanfaatkan untuk membuat itu suatu kesalahan. Karena itu peserta lomba sering-sering berlatih melempar bola kelantai agar lebih paham burung mantul atau turun.

Baca Juga  Lomba Burung Berlomba