WKM Bird School Semarang

Om Wawan pemilik WKM Bird School

MediaBnR – Semarang, Dari sekedar dititipi burung mabung akhirnya menjadi sekolah mastering. Sekolah mastering Murai Batu yang dikelola oleh Mr. Wawan, bernama Wawan Kicau Mastering (WKM) Bird School berdiri sejak tahun 2018 yang lalu. Awal mulanya berdiri sekolah mastering ini boleh dibilang tidak sengaja, hal ini dikarenakan banyaknya rekan-rekan sejawat yang menitipkan burung mabung dan rusak karena salah asuhan ditempat Om Wawan. Dari situ awal mula dan dengan dorongan ini Om Wawan memberanikan diri untuk membuka sekolah mastering.

Ada keunikan tersendiri yang coba ditawarkan disekolah WKM Bird School yang beralamat di Pasar Kapling Kedung Mundu Semarang Jawa – Tengah. Dengan koleksi burung mastering berupa burung-burung kecil seperti, Kolibri Koco, Greja, Abangan, Srindit, Prenjak, Rambatan dan Ciblek. Disamping itu terdapat pula Burung Cucak Cungko, Parkit, Jalak Kebo, Jalak Suren dan Love Bird yang menghiasi deretan koleksi burung mastering dari Sekolah Mastering milik Mr. Wawan ini. Dengan koleksi yang dimiliki, diharapkan menghasilkan burung-burung bertonjolan isian merdu dan bermental tarung yang sangat baik.

Proses pemasteran dilakukan hampir 24 jam full, waktu pagi hingga sore menggunakan burung asli dan diwaktu malam hari dibantu dengan rekaman suara dari pemutar sonic master. Sehingga proses pemasteran bisa berjalan dengan maksimal. Untuk biaya pun boleh dibilang cukup bersahabat, Om Wawan mematok harga 400-600 Ribu/ekor untuk perbulannya.

Dilihat dari sarana dan prasarana yang dimiliki WKM Bird School, layak rasanya burung-burung trotolan maupun yang sudah dewasa Murai Batu milik rekan kicau untuk dititipkan di WKM Bird School. Disini Om Wawan memang menekankan isian tonjolan burung-burung kecil untuk didikan anakan yang diasuhnya. Selain itu metode perawatan harian yang dilakukan pun terbilang istimewa, dari penjemuran, pengembunan hingga umbaran selalu dilakukan dengan konsisten setiap harinya.

Untuk urusan dapur nutrisi Om Wawan memberikan pakan Twister untuk setiap anak asuhannya. Untuk anakan Trotolan Om Wawan memberikan Twister Anti Stress, sedangkan untuk burung-burung dewasa diberikan Twister Gold. Pur pakan Twister sudah menemani perjalanan WKM Bird School selama 1 tahun terakhir. Pemilihan pakan Twister bukan tanpa sebab, Om Wawan yang sudah mencoba berbagai jenis produk akhirnya menjatuhkan pilihannya kepada produk keluaran PT. Havindo Pakan Optima.

Twister Gold diberikan untuk momongan yang sudah beranjak dewasa

Menurut penuturan Om Wawan kandungan nutrisi yang terdapat didalam produk Twister sudah sangat mencukupi. Kebutuhan protein, lemak hingga serat yang terkandung sudah cukup memenuhi kebutuhan harian sang momongan. Sehingga untuk biaya ekstra fooding bisa ditekan, pembelian kroto 1 ons perhari sekarang cukup ½ ons saja, sedangkan untuk pembelian jangkrik pun tidak terlalu banyak seperti biasanya.

Dengan kebutuhan nutrisi yang sudah mencukupi, membuat metode pemasteran lebih mudah diterapkan untuk keseharian. Sedangkan untuk melatih sang momongan Om Wawan mengakalinya dengan mengetrek beberapa burung asuhannya dirumah sendiri di masa pandemik corona seperti ini. Bagi rekan-rekan yang berniat ingin menitipkan Murai Batu trotolan dan dewasa bisa langsung menghubungi Om Wawan di nomor 0815 7572 2201.

Dan untuk yang membutuhkan pakan Twister bisa menghubungi ke agen-agen terdekat maupun toko pakan dikota anda, atau bisa menghubungi dinomor hotline 0811 2663 908. (Aben)

Twister Anti Stress diberikan untuk anakan trotolan.