Burung lovebird semakin digemari kicaumania indonesia. Hampir semua lapangan latihan burung berkicau di wilayah Bogor khususnya saat pertandingan kelas lovebird adalah pertandingan paling bergengsi dan menegangkan. Pasalnya, semua gantangan full dengan gacoan para kicaumania yang ingin menjadi jawara sejati tak terkalahkan.

Abu selalu optimis mencetak jawara sejati dari hasil breeding sendiri di gudang

Abu selalu optimis mencetak jawara sejati dari hasil breeding sendiri di gudang

Semakin tingginya harga lovebird di wilayah Bogor dan semakin sulitnya mencari burung lovebird berkarakter jawara sejati yang selalu stabil saat bertanding. Membuat Abu lovebirdmania LB School Team putar otak untuk memiliki lovebird siap perang dan jadi jawara di arena pertandingan.

“ Memang saya pada awalnya sangat kesulitan mendapatkan lovebird berkarakter tempur di arena pertandingan. Dari hasil pencarian dan akhirnya saya melakukan breeding sendiri di rumah sesuai dengan program BnR. Tak ada penangkaran tak ada pertandingan, itulah yang menjadi motivasi saya memberanikan diri melakukan breeding lovebird,” ujar Abu.

Awalnya breeding menggunakan satu rumah dengan cara perkawinan lovebird koloni. Tapi tidak berhasil dan banyak mengalami kerugian. Tapi semang abu untuk memilik lovebird siap tempur dan jadi jawara sejati di arena pertandingan akhirnya memutuskan melakukan breeding secara pasangan dengan menggunakan kandang kotak di ruangan gudang barang Bekasi.

Walaupun tempatnya tampak tidak cocok untuk breeding lovebird. Tapi berkat buah kesabaran untuk mencari lovebird berkualitas dan pelestarian burung lovebird. Akhirnya gudang menjadi tempat breeding yang cocok bagi Abu karena sudah banyak lovebird junior yang kini jadi jawara di arena pertandingan lahir di gudang Abu.

ANAKAN LOVE BIRD SIAP PANEN_

Abu mengatakan, jika kicaumania ingin mendapatkan keberhasil dalam breeding lovebird itu perlu kesabaran dan ikhlas. Tapi kualitas indukan juga perlu diperhatikan jangan asal pilih saja. Jika ingin anakan berkarakter tempur pastinya indukan juga jagoan tempur di arena pertandingan.

Sedangkan untuk pakanya Abu hanya menggunakan milet putih dengan fooding jagung dan kangkung yang diberikan selang seling setiap hari. Kebersihan kandang dan vitamin juga sangat dibutuhkan agar indukan selalu sehat.

“Tapi ingat kunci utamanya, jika anakan sudah menetas. Biarkan saja indukan yang memberikan makan hingg siap panen dengan usian sekitar 5 minggu. Karena saya sudah pernah mencoba anakan diloloh, tapi hasilnya anakannya jadi ‘bego’ tidak mau bunyi saat di arena pertandingan. Jadi berikanlah kepercayaan penuh kepada induknya selama dalam masa pertumbuhan awal,” jelasnya.

Memang ada ruginya menggunakan trik perawatan anakan sepenuhnya kepada indukannya. Baru Setelah dipanen, anakan dilatih setiap hari agar jiwa tempurnya tumbuh dan berkembang secara Sempurna. Tapi kualitas burung berkarakter tempur akan tumbuh bersama dengan kasih sayang induknya. Kini Abu LB School telah berhasil mencetak lovebird jawara dan hasil breeding-nya sudah sampai ke wilayah pulau Kalimantan. Bahkan indukan yang sedang dalam masa ternak dan belum bertelur sudah ada yang pesan. (Ahmadi)