Diklat Juri BnR Indonesia Angkatan 73

Calon Juri BnR Angkatan 73

Mediabnr – Pelatihan juri BnR Indonesia Angkatan ke 73, yang diselenggarakan di Hotel Zodiak Bandung (19/03/2022), bertujuan untuk mengenalkan pakem penilaian BnR, serta mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan tentang penilaian burung. Mulai dari sikap, attitude, keterampilan, pengembangan pengetahuan dan bagaimana mempersiapkan calon untuk menjadi juri yang baik dan mengorientasikan calon juri terhadap pakem penilaian BnR.

Juri BnR Angkatan 73

Diikuti 17 calon juri, peserta terjauh Dicky Rinaldi datang dari Berau Kalimantan Timur dan satu peserta calon juri perempuan, Ika Windi Ariani dari Pemalang. Diklat ini diprakasai oleh BnR Jabar, hadir sebagai pembicara: Bapak Kadir Ketua Juri BnR Indonesia, H. Mungin Ketua BnR Jabar, Tatang TV, Sekertaris/Bendahara BnR Jabar, Irvan Noorvandi Ketua Divisi Juri BnR Jabar. Sebagai mentor Edi Eno (IP) dari BnR Pusat, memberikan pembimbingan mulai dari materi pengenalan suara burung, metode penilaian, prinsip penjurian sampai pengembangan seorang pengadil, dijabarkannya dengan gamblang dan terperinci.

Suasana Diklat

Hari Minggu, diadakan pelatihan yang dlakukan dengan mempraktikan secara langsung di Lapangan BnR Rusunawa, Cimindi Cimahi, Minggu (20/03/2022). Learning by doing di lapangan, para calon juri, mempelajari cara rotasi penilaian agar mengerti posisi saat menilai. Juga belajar fokus dalam penilaian dan memahami karater suara burung yang masuk kategori penilaian BnR.

Ika Windi Ariani Calon Juri Perempuan Dari Pemalang

DIcky Rinaldi Peserta Terjauh Dari Berau Kaltim

Demi menunjang profesionalitas menjadi juri BnR, teknik dasar dan tata cara mulai dari melihat, mendengar dan mengaplikasikannya dalam penilaian, menjadi poin utamanya. “Diharapkan calon juri angkatan ke 73, menjadi juri kelas nasional. Dilihat secara langsung, hampir 90% dari mereka sudah menguasai cara penilaian,” ucap Edi Eno. “Yang pasti beberapa dari calon juri ini, mempunyai jam terbang yang lumayan dalam penilaian,” lanjutnya. (Ricky)

Juri BnR Angkatan 73 Praktik Langsung di BnR Rusunawa Cimahi

Mungin Dojo Ketua BnR Jabar

Kadir Hasibuan Ketua Juri BnR Indoneia

Edi Eno IP BnR Indonesia

Tatang TV Sekertaris BnR Jabar

Irvan Noorvandi Ketua Divisi Juri BnR Jabar