Realese Mr Haha (22/02/2022)

Kisah Sukses Peternak Burung  Branjangan Asal  Kulon Progo

Salah satu pejantan Javanica

Salah satu pejantan Javanica

-Media BnR- Hatman Fariadi warga Gegulu, Gulurejo, Lendah, Kulon Progo, sukses menangkarkan burung endemik atau burung asli Indonesia yakni burung Branjangan. Usaha beternak burung tanah atau burung sawah ini telah ditekuni sekitar tahun 2018-2019 silam, bermula dari hobi atau kegemaran memelihara burung Branjangan. Branjangan yang diternakkan di kandang ternak milik Branjes yang akrab disapa Om Haha ini, adalah jenis Branjangan Javanica atau dalam bahasa latinnya Mirafra Javanica-Javanica.

Beberapa anakan sedang dimaster

Beberapa anakan sedang dimaster

Bermula dari memiliki sepasang indukan Branjangan, kini Om Haha memiliki 8 indukan Branjangan betina dan 4 indukan Branjangan Jantan. Sedangkan Induk burung Branjangan milik Om Haha, awalnya diperoleh atau dibeli dari rekan sesama penggemar burung Branjangan atau Branjes lainnya. Untuk metode yang digunakan Om Haha dalam beternak Branjangan menggunakan sistem kawin cabut, dengan perbandingan 1 induk Jantan dikawinkan dengan 2 induk betina. Meski kini telah sukses, Om Haha mengaku banyak merasakan suka duka dan tantangan dalam beternak Branjangan mulai dari proses awal hingga saat ini. Diantaranya mulai dari proses pemilihan induk jantan maupun betina, penjodohan, pemberian nutrisi indukan, penetasan, pola merawat anakan atau meloloh hingga proses penjualannya.

Anakan Javanica umur 3 minggu

Anakan Javanica umur 3 minggu

Berkat ketekunan, kesabaran dan ketelatenan dalam mencari sumber ilmu yang mengulas tentang burung Branjangan baik dari artikel maupun video tutorial, akhirnya pada awal tahun 2021 sebagian besar indukan burung Branjangan mampu menghasilkan banyak anakan burung Branjangan. Sementara anakan Branjangan hasil ternakan milik Om Haha banyak diminati oleh Penggemar burung kicauan atau Penggemar Branjangan dari berbagai daerah di Indonesia khususnya di pulau Jawa, mulai dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY sendiri. Harga anakan burung Branjangan yang telah mandiri atau mampu makan sendiri dihargai mulai 6 Juta Rupiah untuk Branjangan Betina perekor sudah tes DNA, dan 7,5 Juta Rupiah untuk Branjangan Jantan perekor sudah tes DNA.

“Take Over” Branjangan  Srikayangan Untuk Dilestarikan

Mr Haha bersama pejantan kesayangan Sri Kayangan

Mr Haha bersama pejantan kesayangan Sri Kayangan

Sukses dalam beternak burung Branjangan, Om Haha masih memiliki satu keinginan yakni memiliki burung Branjangan legendaris asli Kulon Progo dari bulak Srikayangan, dan berencana untuk menangkarkannya. Setelah mendapat informasi masih ada Sesepuh sekaligus Kolektor burung Branjangan di Yogyakarta yang memiliki Branjangan Srikayangan berumur 10 tahun lebih, Om Haha kemudian mendatangi rumahnya dengan maksud untuk membeli Branjangan legendaris sekaligus langka tersebut untuk diternakkan atau dikembangbiakkan.

Mr Haha bersama beberapa anakan betina yang bakal dijadikan calon induk

Mr Haha bersama beberapa anakan betina yang bakal dijadikan calon induk

Setelah menjalin komunikasi secara intens, pemilik Branjangan Srikayangan mengikhlaskan dan memperkenankan Om Haha membeli Branjangan Srikayangan koleksinya. Disinggung mengenai harga pembelian Branjangan Srikayangan, Om Haha tidak menyebutkan angka atau nominal secara spesifik dan hanya menjawab “Fantastis”. Kata “Fantastis” tersebut dapat diartikan tidak ternilai, karena Branjangan Srikayangan merupakan Branjangan yang sangat langka dan jarang ditemukan saat ini. Nilai lebih lainnya karena rasa kepercayaan. Kolektor Branjangan sekaligus pemilik lama merasa percaya dengan niat baik dan kemampuan Om Haha, yang akan melestarikan dan meneruskan darah atau trah Branjangan Srikayangan tersebut agar tidak punah.

Indukan sedang mengeram

Indukan sedang mengeram

Branjangan Srikayangan setelah beberapa waktu berada di kandang ternak milik Om Haha, kini telah menunjukkan tanda-tanda positif karena ternyata mau berjodoh dengan salah satu indukan betina milik Om Haha. Nah para Branjes dan Kicaumania se-Nusantara, kita tunggu saja kabar baik dan perkembangan selanjutnya, apakah burung Branjangan Srikayangan dapat menghasilkan anakan dan meneruskan trah atau garis keturunannya.

Kandang simple aman dari tikus dan kucing

Kandang simple aman dari tikus dan kucing

Bilamana para Kicau mania atau Branjes se-Nusantara ingin memiliki anakan atau trotol Branjangan hasil ternakan Om Haha, bisa menghubungi di nomor ini : 085741143215. (TOBIL)