Mediabnr – Gelaran sekarang dengan pencetus ide 36 G dan 25 G sosok BnR satoe menjamur dengan berdirinya komunitas Murai diberbagai daerah.

Tapi bicara kualitas tentang burung seperti nya berbeda dengan full 70 gantangan mengapa? “kalau 36 atau 25 G dibatasi waktu ada yang 10 menit ada yang lebih sedangkan suatu kualitas burung itu. Saat kita menilai durasi panjang dan berbagai Murai yang berbeda dalam persaingan. Kalau yang terjadi sekarang burung juara dikomunitas yang dibatasi waktu dan peserta tidak bisa dibilang kualitas mengapa? Waktu pendek dan burung itu itu saja tidak akan menampilkan juara yang berkualitas burung baru mau on. Tau-tau waktu sudah habis bagaimana burung akan memperlihatkan kualitasnya? “kata salah satu pemandu bakat yang tidak mau disebutkan namanya.

Apa yang disampaikan salah satu pemandu bakat memang benar auranya berbeda saat juara dikomunitas dengan yang full 70 gantangan.

Kalau kita di 70 gantangan kita menghadapi Murai dari beberapa jenis dan kualitas Murai dan durasi yang panjang. Jadi silahkan para Kicaumania memilih butuh pengakuan seluruh Kicaumania atau pengakuan dikalangan komunitas?