Sistem penilaian Murai Batu BnR Indonesia

Mediabnr – BnR Indonesia selalu melakukan inovasi dalam dunia burung ini demi kemajuan perburungan di Indonesia. Saat ini memang BnR Indonesia menjadi Baromter dalam dunia perburungan dan selalu melakukan perubahan sistem untuk menuju kesempurnaan.

Hari ini 29 November 2021 langsung ditanda tangani sistem penilaian Murai oleh BnR satu maka per 1 Desember sistem ini serentak akan dilaksanakan di semua cabang di Indonesia. Bagaimana sistem penilaian baru ini ?

“Jadi sekarang untuk lomba skala regional dan nasional penggunaaan stik diberlakukan. Stik untuk burung yang nampar tidak boleh lebih dari 6 stik disatu burung tersebut. Lebih dari 6 stik akan diberi bendera hitam diskualifikasi untuk burung tersebut tapi bukan berarti, Setelah mendapatkan stik 6 burung tersebut tidak bisa menjadi juara. Tetap bisa dan masih punya hak untuk menjadi juara tapi kalau nempel dijeruji turun kebawah atau ngelowo atau mandi burung tersebut langsung didiskualifikasi. Khusus kelas utama dan kelas BOB stik diberlakukan maksimal 3 stik dan kalau mendapatkan stik ke 4 maka burung sudah tidak kayak lagi untuk menjadi juara. Kelas utama dan kelas BOB sama nempel jeruji sambil bunyi atau turun kebawa dan ngelowo atau mandi langsung akan didiskulifikasi. Dalam perjalanan penilaian saat IP atau Korlap bicara banding-banding stik sudah tidak diberlakukan lagi apapun yang terjadi mutlak keputusan Juri dan tidak bisa diganggu gugat. Tapi ada tapi nya saat banding-banding burung turun kebawa atau ngelowo atau mandi tetap akan didiskualifikasi kalau nampar tidak”. kata Bang Boy menjelaskan bagaimana sistem baru berlaku.