Latber Special Perdana BnR Batubara

MediaBnR.com – Sampang – Setelah lama vacum tak menggelar latberan di gantangan BnR Batubara, kali ini hari selasa 24 Nov 2020, H. Yayat (Ketua BnR Jatim) selaku owner gantangan menggelar kembali latberannya dengan bukaan tiket sebesar 20 ribu dan 15 ribu saja.

H.Yayat (baju Hitam merah) bersama tim Juri BnR Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan yang bertugas

Namun meski hanya tiket sekian, kicau mania yang hadirpun mampu meramaikan gelaran hingga menjelang malam. Dan yang hadir tak hanya dari kabupaten sampang saja, bahkan dari kabupaten Pamekasan, Sumenep, dan Bangkalan turut meramaikan lomba yang mulai dipadati oleh para pecinta kicauan.

Suasana kelas Trucukan Pemula A

Meski hanya dibuka 2 kelas saja setiap jenis burung, khususnya di kelas Trucukan yang sedang digandrungi oleh pecinta burung ocehan di sekitar Madura ini mampu lebih banyak memenuhi gantangan di BnR Batubara. Selain itu kelas Trucukan tersebut dibagi 2 klasifikasi, yang diantaranya ada kelas Trucukan Pemula A dan B, juga kelas Trucukan Umum A dan B.

Tak kalah ramai kelas Lovebird

Selain itu, untuk kelas kelas yang lain juga berhasil meramaikan gantangan yang sarat dengan kebiasaan non teriak ini. Seperti kelas Murai batu, Cucak Ijo dan Cendet terbilang mulai banyak diminati oleh pecinta burung kicauan.

Garuda kuasai kelas Cucak Ijo A dengan bendera A Mutlak

Pecinta burung jamtrok, Mr.Rizal asal Sampang yang satu ini cukup berhasil menoreh kemenangan bersama jagoan cucak ijo nya yang bernama Garuda. Kiprahnya diantara pecinta burung cucak ijo patut diperhitungkan. Meski Garuda yang sempat pula vacum tampil di gantangan yang disebabkan ia mengalami masalah suara saat masa mabung ini, akhirnya bisa kembali topform saat bermain di sesi pertama kelas Cucak Ijo A.

Tembakan dari berbagai isiannya sukses ia muntahkan dengan apik, mulai dari suara burung Greja tarung, Prenjak, Kenari, brebek, dan jalak suren rutin ia tonjolkan. Tak ayal jika pada akhirnya ia sukses mengumpulkan bendera koncer A mutlak dari Juri BnR yang bertugas sebagai juara 1.

tim mangku jaya sukses andalkan Bintang Kejora dan Gadis Pantura kuasai kelas Cendet

Di kelas burung Cendet, jagoan milik tim Mangku Jaya SF tak ketinggalan untuk menghasilkan tropi juara. Dengan mengandalkan dua jagoan cendetnya yakni Bintang kejora dan Gadis Pantura.

Bintang Kejora Terima Bonus untuk juara 1 kelas Cendet B

Keduanya sukses mengusai juara 1 dan 2 di sesi awal Cendet A, namun saat kembali naik di sesi kedua yakni Cendet B, Bintang Kejora yang mampu tampil all out dan berhasil mempertahankan posisinya sebagai juara 1. Dengan demikian, pemuda asal Sampang ini sukses membawa pulang 3 buah tropi plus bonus uang tunai di akhir sesi.

Kenari Sing Song milik Sainur juara 1 kenari A dengan sangkar mini

Begitupun para pejuang burung Kenari asal Pamekasan, juga berhasil membawa tropi kemenangan. Kenari SingSong milik Sainur yang tampil dengan menggunakan sangkar mini dan berhasil juara 1 di kelas Kenari A, sedangkan Panji Laras milik tim CV. AW cukup puas berada diposisi runner up.

Panji Laras rebut posisi 1 saat kembali naik Kenari B

Akan tetapi saat kembali naik di sesi keduanya, yakni Kenari B. Panji Laras yang bisa disebut sebagai kenari satu titik dan setiap hari main dan selalu menyabet juara ini akhirnya sukses menonjolkan kepiawaiannya bernyanyi nyengkok dengan durasi panjang hingga sukses menempati posisi pertamanya yang disusul diposisi kedua oleh kenari partnernya yakni Srikandi.

H.Yayat Batubara (Ketua BnR Jatim)

H.Yayat diakhir gelaran menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh peserta yang sudah hadir dan menyempatkan waktu untuk meramaikan gelaran perdananya. Kedepan, untuk jadwal latber di BnR Batubara ini akan berjalan seperti semula, yakni setiap hari selasa dan Jum’at, namun untuk jam tayang akan seperti saat ini yaitu start pukul satu siang. “Terima Kasih saya ucapkan lagi buat kicau mania yang sudah hadir, dan terima kasih juga sudah tidak berteriak sepanjang lomba, mari kita tetap budayakan kembali tidak berteriak saat lomba, saran dan kritik teteap kita terima, sekali lagi terima kasih” ujar H.Yayat usai sesi terakhir di kelas Trucukan. *Den!

Jawara kelas burung Kowul

 

Para Jawara kelas Trucukan Pemula A