Latpres Kicau Mania Bersatu KMB Citalang – Purwakarta

Panitia dan juri, mantap hasil memuaskan

Panitia dan juri, mantap hasil memuaskan

PURWAKARTA – Sedikitnya 1200 kicau mania dari berbagai daerah di Jawa Barat dan DKI Jakarta turut serta memeriahkan kontes burung berkicau yang digelar Kicau Mania Bersatu (KMB) Purwakarta, Minggu (30/7).

Namun demikian, dari sekian banyak kelas yang dibuka panitia, digelaran ini didominasi oleh Anis Merah. Itu terbukti dari setiap sesi yang diperlombakan, gantangan selalu pool.

Panitia pelaksana, Heri Kopral mengatakan, wajar saja sebab di kontes kali ini didukung oleh komunitas Anis Merah Purwakarta (AMP). “Sejak lebaran lalu, ini gelaran yang kedua kami laksanakan. Alhamdulillah para kontestan kali ini khususnya Anis Merah lebih banyak dari yang saya duga,” ujar Heri.

Para perwakilan komunitas Anis Merah menujukan piagam yang diterimanya

Para perwakilan komunitas Anis Merah menujukan piagam yang diterimanya

Khusus di kelas Anis Merah. Burung yang nampaknya paling bersinar digelaran tersebut yakni si ‘Sinar’ milik Mr Apong dari Cikampek. Meski di empat sesi yang diperlombakan si Sinar hanya mampu meraih dua sesi, namun nama si burung gila teler yang kabarnya pernah ada yang berani memahari sampai 300 jeti tersebut, seperti tak pernah habis diperbincangkan. Umumnya mereka memuji aksi-aksinya.

Pun demikian dengan pengakuan salah seorang juri yang menolak jatidirinya ditulis. Dia mengaku, baru kali ini menemukan aksi Anis Merah yang teler nya dari awal sampai akhir tanpa putus dengan paduan suara merdu dan nyaring. Tak ayal, juri yang digawangi Mr.Agung tersebut memberikan nilai sempurna pada burung si Sinar.

Mr.Apong (tengah) pemilik Sinar, si Anis Merah yang paling bersinar digelaran tersebut

Mr.Apong (tengah) pemilik Sinar, si Anis Merah yang paling bersinar digelaran tersebut

Mr.Apung sendiri selaku pemilik si Sinar mengaku, tidak ada perawatan khusus pada burung kesayangannya itu. “Ah ga ada perawatan yang aneh-aneh. Cuma pakan biasa dan sesekali vitamin khusus,” ujarnya.

Sementara, kelas yang juga tak kalah menarik yakni Murai Batu (MB). Di kelas MB ini gelar juara diraih oleh burung bernama Bagus Cheka, milik Akrom dari Wates SF. Pun demikian dengan si Sinar. MB jebolan Wates SF ini pun seakan menjadi soroton para peserta lainnya. Sejumlah peserta maupun juri angkat topi atas kehebatan aksinya. “Merdu siulannya, juga nyaring volumenya,” celetuk salah seorang penonton.

H.Lili (tengah) pemilik Sapujagat, si Kacer jawara

H.Lili (tengah) pemilik Sapujagat, si Kacer jawara

Akrom bersama teamnya, puas atas aksi MB kesayangannya

Akrom bersama teamnya, puas atas aksi MB kesayangannya

Selanjutnya di kelas Kacer. Di kelas ini Sapujagat burung milik H Lili dari Purwakarta yang berhasil meraih gelar juara. Sementara burung H Lili lainnya yang juga berhasil memboyong trofi kemenangan yakni Cucak Ijo bernama Sinabung.

Sekedar informasi, di gelaran ini panitia dan pendukungnya yakni AMP, memberikan doorprize. Selain itu, AMP pun memberikan piagam penghargaan pada komunitas Anis Merah lainnya. (saeful milan)

Baca Juga : Daftar Juara Kicaumania Bersatu (KMB) Citalang – Purwakarta (30/7/2017)