Mediabnr – BnR Indonesia, Ronggalawe dan Rajawali menjadi satu mendukung APBN menuju tahun 2020 tahun Konservasi. Tiga organisasi besar didunia perburungan ini menjadi satu akan membuat perubahan di dunia perburungan ini. Ketiga organisasi akan membuka kelas APBN disetiap gelaran lomba dan selalu mengutamakan kelas Murai ring. BnR Indonesia sudah memberlakukan per 1 Januari 2020 baik latberan, Latpers dan lomba semua Murai ring yang diperbolehkan untuk dinilai Juri BnR.

Rajawali sendiri akan perlahan lahan menuju kesana seperti yang disampaikan Panglima Rajawali. “Kami Rajawali akan pelan pelan menuju kearah sana walaupun memang harus dilaksanakan akhirnya. Biar kedepan memberi kesempatan untuk Kicaumania beralih ke Murai ring semua”. kata Sopian Juandi menjelaskan.

Sedangkan Ronggolawe sudah memulai dengan semua Murai ring dilomba pertama(6/10) di Wiladatika Cibubur. “Saya hanya ingin mengingatkan kepada para penangkar dan ini fakta yang terjadi. Murai bisa naik tahta ini berkat Bang Boy yang mana dulu burung papan atas adalah Anis merah. Tapi dengan berani Bang Boy menurunkan Anis merah dan menaikan Murai batu. Kalau tidak beliau kalian tidak akan mau menangkarkan burung jelas karena mau harga Murai nilai ekonomi nya lebih tinggi. Ronggolawe akan terus membantu para penangkar untuk terus membuka lomba burung burung hasil penangkaran”.kata Presiden Ronggolawe H. Makhfud Solaiman.

BnR Indonesia sendiri sudah ada program untuk para penangkar penangkar di Indonesia. “Ya aku selain akan membuka kelas APBN aku juga akan buka kelas khusus penangkar. Maksudnya ini lomba khusus penangkar nama burung dan pemilik nama penangkaran nya. Disini silahkan para penangkar beradu kualitas burung hasil penangkarannya. Hanya cita-cita semoga terwujud pasar burung semua nanti kedepan isinya adalah burung burung hasil penangkaran. Tidak ada lagi burung burung hasil tangkapan hutan yang diedarkan di pasar burung. Kalau ada orang bilang burung penangkaran itu tidak bagus berarti orang itu lomba belum jauh. Pasti kenal MS H. Karto dan Murai punya Tri Kerawang diklas mahal Presiden cup V juara satu. Semua burung hasil penangkaran BnR dan semua dibentuk dari trotol jadi jangan salah. Burung Murai itu bisa dibentuk dari trotolan untuk bisa menjadi burung jawara kunci perawatannya. Seperti memasterkan burung aku yakin kalian pasti semua masteran dijadikan satu itu salah besar. Memaster Murai harus satu burung masteran bisa dalam satu bulan hanya satu jenis masteran saja. Baru bulan depan diganti masteran yang lain tapi bagaimana membuat isian yang bagus?. Perbanyak burung kecil saat memaster burung perbandingan 80 persen burung kecil 20 persen burung yang mengeluarkan senjata seperti cililin, Love Bird dan lain lain. Jangan takut burung terbaik adalah burung hasil penangkaran dan aku sudah membuktikannya”. kata BnR satoe disela sela pertemuan dengan anggota APBN.

Tahun depan adalah tahun bagi para penangkar sudah terlihat didepan mata kita sekarang.Jadi mari para penangkar manfaatkan dari sekarang menuju tahun 2020 tahun Konservasi didunia burung ini dan jangan lupa.Dengan kita menangkarkan burung kita sudah ikut andil menyelamatkan burung dari kepunahan.