Ilustrasi (Foto: ist)

Ilustrasi (Foto: ist)

Depok (MediaBnR.Com) – Kelar mabung, Seruling Raja jawara murai batu milik Billy mengebrak dengan mencetak gelar dobel winner di eventan Duta KM Cup 3, di Universitas Pancasila-Jakarta, Minggu (1/2/2015). Dikenal sebagai murai batu yang memiliki kualitas mumpuni, Seruling Raja memiliki sederet prestasi juara  di berbagai event lintas EO.

Ternyata dibalik prestasinya, ada rahasia treatment Seruling Raja. Setiap pagi hari, Seruling Raja dibuka kerodongnya, diangin-anginkan, kemudian baru dijemur sebentar saja. Setelah itu diangin-anginkan lagi dan  diberi EF jangkrik 10 Ekor.

Setelah makan,  Seruling Raja mandi ala keramba. Lalu kembali  dianginkan dan dijemur lagi sampai beberapa waktu. Setelah kelar dan kemudian diangin-anginkan lagi,  Seruling Raja kembali diberi EF jangkrik lagi dan ditambah EF kroto dalam porsi kecil. Setelah itu Seruling di full kerodong untuk memberikan waktu istirahat.

Sore harinya sekitara pukul 4 sore, Seruling Raja dibuka kembali, diangin-anginkan dan dijemur lagi. Kelar jemuran, Seruling Raja kembali diangin-anginkan dan diberi EF Jangkrik 10 ekor, setelah itu ditutup kerodong untuk istirahat kembali. Untuk menjaga tamina, setiap tiga minggu sekali dalam minumannya diberi tambahan BnR Vit.

Sementara H-7 jelang lomba EF jangkrik ditingkatkan jadi 20 pagi sore. Selanjutnya H-3 dalam minumnya, Seruling Raja diberi tambahan AMB. Hari H Lomba, EF Jangkrik sampai sebanyak yang diinginkan oleh Seruling Raja. Kroto diberi tambahan secukupnya saja. Saat di arena lomba, Seruling Raja disembunyikan di tempat sepi, full kerodong rangkap dua, sedapat mungkin tidak mendengar suara burung fighter agar tidak ngempos di arena lomba. (Julius)