[vc_row][vc_column][bf_advertisement_image show_title=”0″ image=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/POTO-HL-H.-Handi-di-depan-penangkaran-muraybatunya.jpg” caption=”H. Handi di depan penangkaran murai batunya” link=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/POTO-HL-H.-Handi-di-depan-penangkaran-muraybatunya.jpg” target=”_blank”][vc_column_text]Cirebon (MediaBnR.Com) – Tensi persaingan murai batu di Kota Cirebon sangat sengit. Berbeda dengan kota kota lainnya di Jawa Barat, persaingan di Kota Udang ini kental dengan gengsi. Karena itu pula, kemudian kicaumania Cirebon yang memiliki jawara di kelas murai batu.

Persaingan itupun melebar. Bukan hanya di kontes, melainkan bersaing di ternakan. Mereka berlomba dan bersaing melahirkan anakan murai batu berkualitas. Nah, salah satu kicaumania Cirebon yang saat ini terjun ke dunia breeding adalah H. Hendi. Dengan nama Pangkalan BF Cirebon, H. Hendi memulai bersaing di ternak murai batu.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][bf_advertisement_image show_title=”0″ image=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/Kualitas-anakan-terjaga-karena-indukan-jawara.jpg” caption=”Kualitas Anakan Terjaga Karena Indukan Jawara” link=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/Kualitas-anakan-terjaga-karena-indukan-jawara.jpg” target=”_blank”][/vc_column][vc_column width=”1/2″][bf_advertisement_image show_title=”0″ image=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/Hasil-anakan-Pangkalan-BF-siap-orbit.jpg” caption=”Hasil Anakan Pangkalan BF Siap Orbit” link=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/Hasil-anakan-Pangkalan-BF-siap-orbit.jpg” target=”_blank”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]Sebagai awal, H. Hendi langsung mencari jawara-jawara murai batu untuk dijadikan indukan. Bahkan ia rela terbang ke Pulau Andalas untuk mencari indukan jempolan. Hasilnya, beberapa jawara muraybatu untuk dijadikan indukan diboyong ke Cirebon, di antaranya, Meteor, Predator, Popeye, Gludug, Mahameru, Blorok dan Abimanyu.

Meski terbilang baru di dunia breeding murai batu, penangkaran yang terletak di Desa Pangkalan, Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon ini langsung berdiri dengan 24 kandang dengan kualitas indukan jawara. Dan, inilah yang menjadi optimisme H. Hendi bersaing didunia breeding muray batu. Hasil anakannya selalu terjaga karena kualitas indukan jawara. Saking optimisnya didunia breeding ia sudah mengeluarkan kocek setengah miliar untuk penangkarannya.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][bf_advertisement_image show_title=”0″ image=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/Predator-Salah-satu-indukan-jawara.jpg” caption=”Predator Salah Satu Indukan Jawara” link=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/Predator-Salah-satu-indukan-jawara.jpg” target=”_blank”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]“Untuk semua hasil anakan Pangkalan BF, saya kasih ring Roro. Sudah ada beberapa anakan yang siap orbit. Dan salah satunya sudah ada yang juaraan di lomba,” jelas H. Hendi kepada Media BnR di penangkarannya.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]Loloh Sendiri Siasati Indukan Kanibal

Banyak cara dilakukan breeder dalam menernakan murai batu. Salah satu cara mensiasati indukan murai batu kanibal dengan meloloh anakan sendiri. Hal ini untuk menyelamatkan anakan dari kematian akibat dibunuh indukan.

Itulah yang dilakukan H. Hendi dan perawatnya Mr. Ono  ke setiap indukan murai batu  kanibal. Dengan cara tersebut H. Hendi berhasil menernakan berbagai macam karakter indukan murai batu. “Kalau menernakan karakter murai yang biasa mudah. Namun ketika berhadapan dengan murai kanibal, kita meski ekstra hati hati dan telaten, agar anakan selamat dari kematian,” ujar H Hendi menjelaskan.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][bf_advertisement_image show_title=”0″ image=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/anakan-yang-sudah-menetas.jpg” caption=”Anakan Yang Sudah Menetas” link=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/anakan-yang-sudah-menetas.jpg” target=”_blank”][/vc_column][vc_column width=”1/2″][bf_advertisement_image show_title=”0″ image=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/Kandang-utama-Pangkalan-BF.jpg” caption=”Kandang Utama Pangkalan BF” link=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/Kandang-utama-Pangkalan-BF.jpg” target=”_blank”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]Kandang pangkalan BF terbilang bagus untuk ukuran ternakan murai batu. Ukurannya memang terlihat biasa seperti penangkaran lain, namun kebersihan di Pangkalan BF sangat terjaga dengan didalamnya ada pohon yang merindangi kandang-kandang terbak. “Kandang memang bukan jaminan. Yang penting indukan yang dimiliki terutama pejantan adalah indukan yang berkualitas, sehingga anakan yang dihasilkan bagus,” jelasnya sambil tersenyum.

Kunci keberhasilan H Hendi menernakan murai batu adalah dengan cara meloloh sendiri, terutama untuk indukan yang kanibal. Bila ada beberapa indukan kanibal, sebelum menetas ia sudah ektra hati hati. Sebab setelah netas harus cepat diambil dan dipindahkan. “Intinya harus telaten. Kalau tidak anakan akan mati bila indukannya kanibal,” bebernya.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][bf_advertisement_image show_title=”0″ image=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/Bersama-perawat-dan-rekan-depan-penangkaran_.jpg” caption=”Bersama Perawat dan Rekan Depan Penangkaran” link=”https://mediabnr.com/data/uploads/2015/05/Bersama-perawat-dan-rekan-depan-penangkaran_.jpg” target=”_blank”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]Pangkalan BF tetap menjaga klualitas anakan dengan menjaga indukannya. Ia tidak asal menjodohkan. Selama ini ia selalu rajin ke setiap lomba burung untuk mencari murai juara, yang kemudian nantinya dijadikan indukan. Puluhan anakan pangkalan BF siap orbit diranah persaingan murai batu nasional. So, bila perlu anakan hasil pangkalan BF tinggal datang saja ke penangkarannya di Desa Pangkalanm Kecamatan Plered Cirebon. (Saeful milan)[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]